Xiaomi Tips Membatasi Perizinan Aplikasi

Xiaomi Tips: Membatasi Perizinan Aplikasi

Xiaomi Tips: Membatasi Perizinan Aplikasi

 

Xiaomi Tips Membatasi Perizinan Aplikasi
Xiaomi Tips Membatasi Perizinan Aplikasi

Setiap aplikasi dan game android, pasti akan menggunakan beberapa fitur yang ada di smartphone kamu. Mulai dari kamera, GPS, Pesan SMS, Bluetooth, sampai dengan konektivitas Wi-Fi. Namun, ada beberapa aplikasi “jahat” yang sering tidak memberi tahu ke pengguna tentang akses tersebut.

Jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi, kamu bisa mengetahui fitur-fitur apa saja yang dignakan sebuah aplikasi atau game dari smartphone kamu. Kerennya lagi, kamu bisa menolak memberikan akses atau membatasi suatu aplikasi untuk menggunakan suatu fitur. Misalnya kamu tidak ingin suatu aplikasi mengunakan mengakses atau menggnakan fitur GPS.

Cara Membatasi Perizinan Aplikasi di MIUI 8

Pertama, pastikan bahwa kamu sedang menggunakan smartphone Xiaomi dengan MIUI versi 8. Saya tidak tahu fitur ini ada atau tidak di MIUI versi 7. Buka aplikasi keamanan, pilih perizinan > perizinan. Akan muncul daftar aplikasi dan game yang terpasang di smartphone kamu.

Untuk membatas perizinan suatu aplikasi, cukup klik nama aplikasi yang kamu inginkan. Lalu akan

terpampang fitur apa saja yang digunakan oleh aplikasi. Jika ada tanda centang berwarna hijau, itu artinya aplikasi bisa menggunakan suatu fitur. Untuk membatasinya, klik fitr yang diinginkan lalu pilih “Tolak”.

Contoh, kamu tidak ingin sebuah aplikasi mengetahui lokasi kamu. Maka pilih “Tolak” pada “Peroleh info lokai”. Maka dengan begitu aplikasi atau game tersebut tidak akan bisa mengetahui lokasi kamu karena akses GPS nya telah di tolak.

Untuk apa fitur ini?

Fitur ini sangat penting manfaatnya. Pertama, kamu bisa mengetahui apa saja yang bisa “dilakukan” oleh suatu aplikasi atau game. Memang, di Google Play sendiri sudah terpampang perizinan apa saja yang dibutuhkan oleh suatu game.

Namun sebagian besar dari pengguna android ketika mengunduh aplikasi dari Google Play, tidak

membaca himbauan tersebut. Karenanya fitur di MIUI 8 ini dapat kamu gunakan untuk meninjau kembali perizinan suatu aplikasi dan game.

Kamu yang sering memasang game dan aplikasi dari pihak ketiga (bukan dari Google Play) juga akan sangat terbantu dengan fitur ini. Pasalnya, aplikasi-aplikasi pihak ketiga tidak di review oleh tim Google Play. Karenanya, resiko penyalahgunaan perizinan aplikasi ini sangat besar.

Kamu juga jadi bisa tahu perizinan apa saja yang dibutuhkan oleh game dan aplikasi favorit kamu

seperti WhatsApp yang membutuhkan akses untuk mengirim SMS, BBM yang membutuhkan akses penyimpanan, Facebook yang membutuhkan akses lokasi, dan Bigo Live yang membutuhkan akses kamera.

Sumber:

https://galleta.co.id/pit-stop-racing-apk/