Terbentuknya Danau Toba

Terbentuknya Danau Toba

Di Sumatera Utara zaman dahulu kala, hiduplah seorang pemuda bernama Toba. Suatu hari ia pergi memancing ikan. Setelah lama menunggu, akhirnya ada ikan yang menggigit umpannya. Betapa senangnya ia saat melihat ikan tersebut memiliki sisik emas.

Toba pulang ke rumah dengan gembira karena ingin segera menyantap ikan tersebut. Namun ternyata, kayu bakar di rumahnya sudah habis sehingga ia harus mencari terlebih dahulu.

Sesampainya di rumah, ikan yang tadi diletakkannya dalam wadah besar menghilang. Sebagai gantinya, ada koin-koin emas dalam wadah tersebut. Ia makin terkejut saat melihat ada gadis cantik berada di dalam kamarnya.

Ternyata, gadis itu adalah penjelmaan ikan yang ia tangkap. Gadis itu bersedia menjadi istri Toba selama sang suami tak membocorkan jati dirinya sebagai manusia ikan. Mereka pun menikah dan dikarunai anak bernama Samosir.

Setiap hari, Toba bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Sayangnya, Samosir malah tumbuh menjadi anak yang nakal.

Suatu hari, Samosir diminta mengantarkan bekal makanan untuk Toba oleh ibunya. Namun ia malah mampir bermain dan menghabiskan bekal tersebut. Toba yang lapar pun marah dan menghardik putranya, “Dasar anak ikan!”

Karena terkejut, Samosir mengadu pada ibunya. Sang ibu lalu meminta anaknya untuk naik ke atas bukit. Karena tak lama setelah itu, datanglah air bah yang sangat deras.

Sang ibu melompat ke danau dan berubah kembali menjadi ikan. Toba tak bisa menyelamatkan diri dan tenggelam di danau yang akhirnya terkenal sebagai Danau Toba. Sementara itu, sang anak berubah menjadi pulau di tengah danau yang sekarang dinamai Pulau Samosir.

Ada banyak pesan moral yang bisa Anda sampaikan ke buah hati lewat cerita dongeng anak sebelum tidur ini. Yang pertama, jadilah orang yang selalu menepati janji. Kalau memang diberi kepercayaan, jangan sampai merusaknya.

Selain itu, anak juga seharusnya menghormati dan menghargai orang tuanya. Jangan sampai orang tua sudah susah payah mencari nafkah, anak malah melakukan sesuatu yang membuat orang tuanya marah besar.

Baca Juga :