Samudera Pasai di pesisir timur laut Aceh diperkirakan mulai abad ke XIII

Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia

Masuknya Islam ke berbagai wilayah Indonesia tidak berada dalam satu waktu yang bersamaan tetapi berada dalam satu kesatuan proses sejarah yang panjang. Kerajaan-kerajan dan wilayah itupun berada dalam situasi politik dan kondisi sosial budaya yang berbeda-beda. Berdasarkan seminar ilmiah pada tahun 1963 di Kota Medan, Islam pertama kali masuk ke Indonesia abad ke 7 M, langsung dari negeri Arab, dakwah Islam disebarkan secara damai dan mayoritas dilakukan oleh pedagang, daerah yang pertama dimasuki Islam adalah Pesisir Sumatera Utara yang kemudian membentuk kerajaan Islam pertama yaitu Kerajaan Aceh.
Melemahnya pemerintahan kerajaan-kerajaan di Indonesia lebih memberikan kesempatan kepada para pedagang Muslim dan mubaligh untuk mendapatkan keuntungan dagang dan politik. Mereka memberikan dukungan kepada daerah-daerah yang muncul kemudian dan yang menyatakan sebagai kerajaan bercorak Islam. Kerajaan-kerajaan tersebut seperti Samudera Pasai di pesisir timur laut Aceh diperkirakan mulai abad ke XIII. Hal ini merupakan hasil proses Islamisasi daerah pantai yang disinggahi para pedagang Muslim sejak abad-abad sebelumnya. Daerah yang lainnya yaitu Perlak sekitar tahun 1292 M. Ekspansi politik kerajaan baru ini ke arah pedalaman semakin menyuburkan Islam.

Temuan nisan kubur Fatimah binti Maimun di Leran (Gresik) berangka tahun 475 H (1082 M)

menambah pembuktian penyebaran Islam. Sejalan dengan semakin mundurnya Majapahit dari masa itu, ditemukan beberapa nisan kubur Islam di Troloyo, Trowulan, dan Gresik memperkuat berita Ma-huan tahun 1416 yang menceritakan keberadaan orang-orang Muslim di Gresik. De Graaf memperkirakan kerajaan besar Indonesia-Hindia telah menjadi kerajaan Islam tahun 1526, tinggal kerajaan-kerajaan kecil di pedalaman.
Untuk menghadapi pengaruh kerajaan Islam yang semakin kuat di berbagai kota pantai maka kerajaan kecil tersebur bersekutu dengan kekuatan asing. Mulailah kolonialis memegang politik perekonomian di Asia Tenggara. Kedatangan dan penyebaran Islam di Asia Tenggara menpunyai aspek ekonomi, politik, dan sosial budaya. Perkembangan ekonomi dan politik memang mempunyai tujuannya sendiri, dengan bergantinya agama para pemuka daerah menjadi Islam maka agama menjadi kekuataan baru dalam proses perkembangan masyarakat.

Artikel Terbaru