Sah, Boy Rafli Jadi Doktor Ilmu Komunikasi

Sah, Boy Rafli Jadi Doktor Ilmu Komunikasi

Sah, Boy Rafli Jadi Doktor Ilmu Komunikasi

Sah, Boy Rafli Jadi Doktor Ilmu Komunikasi
Sah, Boy Rafli Jadi Doktor Ilmu Komunikasi

Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Wakalemdikpol) Irjen Pol Boy Rafli Amar meraih gelar doktor ilmu komunikasi dari Universitas Padjajaran Bandung, Jawa Barat dengan disertasi “Integrasi Manajemen Media dalam Strategi Humas Polri sebagai Aktualiasasi Prometer”.
Berita Terkait
Di Depan Polisi, Wapres Ma\’ruf Amin Bicara Radikalisme
Maladministrasi Penanganan Demo, Polri Tolak Temuan Ombudsman
Ninoy Karundeng Kaget Polisi Minta Buat Laporan

Boy Rafli mampu mempertahankan disertasinya di depan para penguji

, antara lain Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Padjajaran doktor Dadang Rahmat Hidayat. Hadir dalam acara itu Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudi Supriadi, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal, pimpinan TNI, pengamat, tokoh masyarakat, dan ratusan undangannya lainnya.

Dalam paparannya Boy mengungkapkan antara lain, pada era 2000-an berkembang teknologi media baru yang membuat organisasi dapat langsung berkomunikasi dengan masyarakat via basis teknologi internet. Kecanggihan alat telekumunikasi ini membantu masyarakat terhubung dan bertukar informasi satu sama lain tanpa kehadiran gatekepeer.

Dengan begitu, masyarakat dapat memiliki peran sebagaimana media

yakni memproduksi berita di satu sisi, dan di sisi lain tetap mengkonsumsi informasi dari berbagai saluran yang tersedia. Dari itu Polri diharapkan bersikap proaktif memanfaatkan media baru untuk kepentingan pengelolaan informasi ke luar dan ke dalam organisasi. Pemanfaatan media baru ini sebagai bagian dari upaya melakukan harmonisasi harapan publik dengan kebijakan yang akan dihasilkan oleh institusi kepolisian.

“Saat internet sudah menjadi akrab dalam keseharian kita, jaringan pintar yang menghubungkan komputer dengan manusia pada tingkat tertentu sudah menjadi kebutuhan bagi orang yang membutuhkan informasi dan komunikasi. Menjadi ikon utama bagi kemajuan ranah TI, internet telah mengubah cara orang berpikir, bekerja, belanja, belajar dan berkomunikasi,” kata Boy di acara yang berlangsung di Gedung Balai Sawala Unpad, Rabu, 14/8/19.

Boy Rafli merupakan alumni Akpol 1988, lulus PTIK 1997, Sespim 2002

, Sispimti 2011, dan Lemhanas 2013. Karirnya di Polri antara lain dimulai dari Kanit Resintel Polsek Gambir Polda Metro 1990, Kapusdalop Polres Sorong Irian Jaya 1997, Pamapta Polres Metro Jakarta Pusat 1998, kemudian Kasat Op Polda Irian Jaya Papua 1999, Wakapolres Jakarta Utara 2004, Kapolres Kepulauan Seribu 2004, Dirserse Kriminal Umum Polda Maluku Utara 2008, Kapoltabes Padang Sumbar 2008.

Selanjutnya menjabat Kadiv Humas Polda Metro 2009, Karo Penmas Divisi Humas Polri 2012, Kapolda Banten 2014, Kadiv Humas Mabes Polri 2016, Kapolda Papua 2017, Wakalemdikpol Polri 2018 sampai sekarang.

 

Sumber :

https://my.mac.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/MacMurray_College_Choir/Discussion.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=6ac110c3-9423-45b0-8977-6c5342bff9cf