detergent

Rumus Kimia Detergent Dan Cara Membuatnya

Sebelum mengetahui rumus kimia dalam deterjen dan sabun, mari kita lihat proses memproduksi deterjen dan sabun kimia.

Cara bikin detergent
Tergantung pada kandungan aktif, deterjen dikelompokkan menjadi dua jenis: deterjen tipe keras dan deterjen tipe lembut. Apa perbedaan antara kedua tipe ini? Ayolah, proses pembuatan dua jenis secara kimiawi?


Deterjen kaku
Jenis yang paling sulit dalam deterjen adalah yang paling sulit untuk menghancurkan di sisi mikro-organisme, bahkan jika substansi adalah negara dan substansi yang masih aktif dan dampak dalam jenis ini dalam deterjen akan menjadi penyebab pencemaran lingkungan, khususnya dari polusi air. Contoh deterjen tipe keras adalah alkil-benzena sulfonat. Bagaimana proses pembuatan detergen sulit di sisi kimia?

Proses dalam produksi alkilbenzena sulfonat terdiri dari reaksi alkil-benzena yang sangat jauh dengan sulfur trioksida (SO3). Dalam hal ini, Alkil Benzena yang sering digunakan adalah tipe Deodecil Benzene (C6H5C12H25). Reaksi antara Deodecyl Benzene dan Sulfur Trioxide akan menghasilkan alkyl-benzene sulfonate (C6H4C12H25SO3H) dengan persamaan berikutnya.

C6H5C12H25 + SO3 adalah C6H4C12H25SO3H

The alkylbenzene sulfonat telah dinetralkan dengan natrium hidroksida (NaOH) untuk produksi deodecilbenzen natrium sulfonat (C12H25C6H4SO3Na) dengan persamaan reaksi:
C6H4C12H25SO3H + NaOH adalah C12H25C6H4SO3Na
Detergen jenis lunak digunakan karena bahan ditoleransi dengan baik oleh mikroorganisme, sehingga tidak lagi aktif setelah digunakan. Jadi tipe deterjen ini adalah teman yang peduli. Lauren Alchil Sulfonato, sedangkan contoh Lauril Alchyl Sulfonate adalah Sodium Lauril Sulfate. Bagaimana proses dalam memproduksi deterjen yang lembut secara kimiawi?Proses ini diproduksi di Lauril Alchil Sulfonato oleh reaksi lauril alkohol dengan asam sulfat pekat yang dihasilkan oleh asam lauril sulfat dengan reaksi berikut.
C12H25OH + H2SO4 adalah C12H25OSO3H + H2O
Lauril Asam sulfat yang terjadi dinetralkan dengan larutan NaOH dengan cara dan produksi natrium natrium sulfat, dengan persamaan reaksi sebagai berikut.
C12H25OSO3H + NaOH adalah NaC12H25SO4

SOAP YANG HARUS DILAKUKAN
Dalam proses yang sedang berlangsung adalah reaksi saponifikasi atau reaksi saponifikasi. Reaksi saponifikasi adalah reaksi pada hidrol asam lemak (misalnya Trigliserida) karena keberadaannya di Amerika Serikat (misalnya NaOH). Dalam proses ini di saponifikasi adalah trigliserida (C3H5 (OOCR) 3 dan natrium hidroksida (NaOH) yang akan menghasilkan sabun (3NaOOCR) dan gliserin (C3H5 (OH) 3) Persamaan reaksi adalah sebagai berikut.
C3H5 (OOCR) 3 + 3NaOH adalah 3NaOOCR + C3H5 (OH) 3
Berdasarkan persamaan di atas, reaksi dalam sabun atau produk saponifikasi akan menghasilkan sabun sebagai produk utama dan gliserin sebagai produk sampingan.

Sumber : Https://rumusrumus.com