Rendahnya Minat Baca di Indonesia

Rendahnya Minat Baca di Indonesia

Ayah Bunda, terdapat yang tahu pengertian membaca tersebut apa? Berdasarkan keterangan dari KBBI, membaca ialah melihat serta mengetahui isi dari apa yang tertulis, baik dengan melisankan atau melulu dalam hati. Dari definisi tersebut, membaca tidak hanya melafalkan kata atau kalimat, namun harus mengetahui isi dari masing-masing yang anda baca.

Apakah membaca tersebut penting? Membaca memang paling penting untuk semua orang. Seperti kutipan dari François-Marie Arouet yang lebih dikenal dengan nama penanya Voltaire, “Semakin aku tidak sedikit membaca, semakin aku tidak sedikit berpikir, semakin aku tidak sedikit belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak memahami apa pun.”

Kutipan di atas mengajarkan anda bahwa tidak sedikit sekali ilmu pengetahuan yang dapat kita dapatkan dengan membaca. Semakin tidak sedikit buku yang anda baca, semakin besar pula keingintahuan dan rasa penasaran kita. Sehingga semakin tidak sedikit membaca maka semakin sadar bahwa pengetahuan anda tetap sangat sedikit.

Namun, bagaimana pendapat Ayah Bunda, andai Indonesia tergolong negara yang mempunyai minat baca yang rendah? Kenyataannya, dalam laporan studi Central Connecticut State University tahun 2016, negara Indonesia mendapat urutan ke-60 dari 61 negara dalam urusan Minat baca.

Berdasarkan hasil riset tersebut, pasti Negara Indonesia sangat memerlukan solusi. Solusi apa yang tepat guna negara yang mempunyai Minat baca yang rendah? Yaitu perlunya menumbuhkan karakter Minat baca dan belajar guna generasi penerus bangsa Indonesia.

Sumber : http://www.shopzilla.fr/rd?t=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id