Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Kurikulum Terbaru

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Kurikulum Terbaru

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Kurikulum Terbaru – Adalah dokumen yang berisi konsep dan konsep aktivitas pembelajaran di kelas atau di luar kelas. RPS disusun oleh tenaga pendidik profesional pada perguruan tinggi. RPS dari segi faedah dan kegunaannya hampir mirip bersama RPP yang disusun oleh guru kelas/mata pelajaran pada sekolah basic dan menengah. Namun, RPS lebih kompleks isinya.

Bagi kawan akrab geografi yang baru saja memperoleh amanah mendapat tugas istimewa bersama mengajar di perguruan tinggi, pastikan untuk menyusun RPS pada awal semester baru pada tahun akademik tertentu. Karena RPS sifatnya wajib sebagai panduan dan pegangan sekaligus sebagai rambu-rambu aktivitas studi mengajar di kelas. Sehingga sistem pembelajaran sanggup lebih terorganisir secara sistematis.

Komponen RPS meliputi nama Mata Kuliah, Satuan Kredit Semester (SKS), Kode Mata Kuliah, Program Studi / Jurusan, Semester, Nama Dosen Pengampu, dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah.

Kemudian pada tabel, terdapat kolom-kolom bersama judul Minggu Ke-, Kemampuan yang Diharapkan pada Setiap Pertemuan, Bahan Kajian, Pengalaman Belajar Mahasiswa, Waktu Belajar (Menit), Strategi / Metode Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Bobot, dan Daftar Referensi yang digunakan.

RPS Materi dan Pembelajaran PKn di MI/SD
Adalah RPS untuk mata kuliah MPPKN di MI/SD pada program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah atau PGMI strata 1. Mata kuliah ini diambil alih pada semester 4 dan syaratnya mahasiswa wajib udah lulus mata kuliah pendidikan pancasila/kewarganegaraan.

RPS Pendidikan Kependudukan
Adalah RPS untuk mata kuliah pendidikan kependudukan pada jenjang strata 1 pada jurusan/prodi pendidikan/tadris ips. MK diambil alih pada semester 4. Syarat utama mengambil mata kuliah ini adalah mereka para mahasiswa udah mengambil mata kuliah dan udah lulus mk pengantar geografi pada semester awal.

RPS Pengantar Sejarah
Adalag RPS untuk mata kuliah pengantar sejarah pada prodi pendidikan/tadris ips dan diambil alih pada semester awal 1 atau 2, sebagai syarat untuk mengambil mata kuliah sejarah lanjutan.

Sahabat sanggup klik download dokumen RPS untuk 3 mata kuliah diatas kecuali ingin membacanya atau mungkin ingin mempelajarinya.

Demikian informasi yang sanggup dibagikan di blog kawan akrab geografi, semoga sanggup berfaedah untuk saudara sekalian. Terimakasih udah mendatangi blog ini ya.

baca juga :