Pesta Pendidikan 2017 Digelar Di Ambon

Pesta Pendidikan 2017 Digelar Di Ambon

Pesta Pendidikan 2017 Digelar Di Ambon

Pesta Pendidikan 2017 Digelar Di Ambon
Pesta Pendidikan 2017 Digelar Di Ambon

Ambon menjadi kota kedua penyelenggaraan acara Pesta Pendidikan

, setelah sebelumnya dilaksanakan di Bandung pada 24-25 Februari 2017 lalu.

“Pesta Pendidikan sudah digelar, 24-25 Februari 2017 dimulai kota pertama Bandung, dan kota Ambon adalah kota kedua. Akan dilanjutkan di kota Yogjakarta, Makassar dan Jakarta, berlangsung di bulan Mei 2017,” kata Inisiator Pesta Pendidikan, Najelaa Shihab di Ambon, Jumat (17/3).

Pesta Pendidikan, kata Najelaa, merupakan bentuk nyata partisipasi publik

, yang bergerak belajar dan bermakna terdiri dari, ratusan jaringan, organisasi komunitas ataupun individu, yang berkiprah dibidang pendidikan, dan non pendidikan.

Diungkapkan, Pesta ini dilakukan berbarengan agar terjadi kolaborasi, dari semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan, yang didalamnya keterlibatan publik, yang bukan saja mengkritik, tapi juga memberikan solusi dan aksi nyata, membuka peluang bagi peningkatan akses dan kualitas, dalam mengembangkan sistim pendidikan yang lebih baik.

“Keterlibatan publik membuka peluang peningkatan serta mengembangkan sistem pendidikan

, sehingga ada pemerataan serta peningkatan mutu pendidikan di Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya Pesta Pendidikan tidak hanya di ruang kelas, tapi bisa juga di dapur, jalan, lingkungan, balai kota, ataupun di layar kaca.

“Karena pendidikan bukan sekedar lulus ujian, tapi mengasah karakter dan kepemimpinan, menumbuhkan hubungan keluarga, mengembangkan diri dan berkontribusi sebagai warga negara,” katanya.

Rangkaian Pesta Pendidikan dan Festival Publik di Ambon, diadakan dari 17-18 Maret.

Hari pertama dilaksanakan di tujuh sekolah, yakni SMA Xaverius, SMA 1 Dan 2, SMA PGRI,SMA Kristen YPKPM, SMK 7 dan SDI Al-Fatah Ambon, dengan kegiatan, Ngobrol sambil diskusi, lokakarya dari berbagai komunitas.

Sedangkan untuk hari kedua yang merupakan puncak dari acara Pesta Pendidikan, dilaksanakan di Lapangan Merdeka dengan kegiatan diantaranya Deklarasi UN, pameran, Seni dan ngobrol publik. Puncak pesta pendidikan dihadiri Gubernur Maluku Said Assagaff.

“Dalam puncak acara Pesta pendidikan, diawali dengan Deklarasi UN Jujur oleh Kementrian Dikbud, serta Dinas Dikbud provinsi Maluku. Dengan begitu pendidikan bukan saja beban murid, namun dipikul bersama guru dan orang tua,” kata Najelaa.

Pesta Pendidikan mengambil tema “Berkarya Melintasi Batas”. Dengan tema ini, Pesta Pendidikan berfokus pada isu karier dan kerja dalam definisi yang lebih luas dengan mengutamakan karya, kolaborasi, serta karakter sebagai tujuan pendidikan dan bekal utama di masa depan.

 

Sumber :

https://lakonlokal.id/sejarah-jokowi/