Permintaan, Penawaran, dan Hubungannya dengan Teknologi

Permintaan, Penawaran, dan Hubungannya dengan Teknologi

Siapa yang sering menemani ibu belanja ke pasar? Atau tersedia nggak sih di antara kalian yang suka belanja untuk kepentingan pribadi? Nah, pasti kalian telah paham ya, perihal 4 jenis pelaku ekonomi? Keempat pelaku ekonomi itu adalah tempat tinggal tangga, perusahaan, pemerintah, dan penduduk luar negeri. Keempat pelaku ekonomi berikut akan melaksanakan permohonan dan penawaran. Tahukah kamu, ternyata teknologi juga mempunyai peran perlu dalam proses permohonan dan penawaran, lho! Wah, menarik, ya. Yuk, kita pelajari permintaan, penawaran, dan hubungannya dengan teknologi.

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan teknologi? Secara umum, teknologi adalah keseluruhan fasilitas (baik berupa barang, gagasan atau metode) untuk sediakan barang dan jasa yang dibutuhkan demi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Contohnya, untuk memproses sepeda motor dibutuhkan mesin-mesin yang besar dan rumit. Dalam konteks ini, mesin adalah semisal teknologi berupa barang. Contoh lainnya adalah metode usaha yang juga teknologi dalam bentuk metode. Sekarang yuk kita cari paham peran teknologi pada permintaan!

Peran kemajuan teknologi pada permintaan

Squad, kira-kira apa saja ya, peran kemajuan teknologi pada permintaan? Ternyata tersedia lebih dari satu kegunaan yang kemungkinan anda tidak memahami sebelumnya. Apa saja, ya? Yuk, disimak!

Kemudahan dalam memenuhi kebutuhan

Teknologi memudahkan kita untuk memesan barang atau jasa, lho! Kira-kira contohnya apa, ya? Yap! betul banget. Kamu sering menggunakan ojek online? Sistem pemesanan ojek online terlampau dibantu oleh teknologi. Kalian hanya harus membuka aplikasinya, selanjutnya pesan ojek onlinenya cocok dengan kebutuhan kalian masing-masing. Hayo, siapa di antara kalian yang tidak sanggup hidup tanpa ojek online? Psst, kira-kira, apa lagi ya contohnya?

Semakin banyak barang dan jasa alternatif

Barang alternatif pengganti atau biasa disebut barang substitusi makin banyak jumlahnya dengan ada kemajuan teknologi. Contohnya, dulu pengganti nasi adalah jagung dan singkong. Kemudian karena ada kemajuan teknologi, menu pengganti nasi jadi banyak jenisnya, seperti roti gandum dan oatmeal. Ada yang suka makan roti gandum atau oatmeal nggak, nih?

Pendapatan penduduk meningkat

Pasti kalian suka berbelanja di toko online, kan? Seiring dengan berjalannya waktu, toko online jadi makin populer, ya. Dengan ada toko online, tiap-tiap orang yang mempunyai akses ke internet berkesempatan jadi wirausaha, lho! Secara tidak langsung, perihal ini menolong menambah penghasilan masyarakat.

Peran kemajuan teknologi pada penawaran

Biaya memproses turun dan peningkatan hasil produksi

Mesin-mesin moderen menghasilkan barang dengan lebih cepat. Selain itu, hasil memproses juga meningkat supaya ongkos memproses menurun.

Distribusi jadi lebih cepat
Perusahaan-perusahaan jasa pengiriman menggunakan teknologi internet untuk mempercepat proses distribusi supaya lebih cepat. Oleh karena itu, anda sering kan mengirim barang hari ini tapi besok telah sampai?

Wah, ternyata peran teknologi lumayan besar ya, dalam bidang permohonan dan penawaran barang dan jasa! Semoga perekonomian Indonesia konsisten stabil dan makin meningkat

Baca Juga :