Peringati Hardiknas, Kemendikbud Gelar Berbagai Acara Pendidikan dan Kebudayaan

Peringati Hardiknas, Kemendikbud Gelar Berbagai Acara Pendidikan dan Kebudayaan

Peringati Hardiknas, Kemendikbud Gelar Berbagai Acara Pendidikan dan Kebudayaan

Peringati Hardiknas, Kemendikbud Gelar Berbagai Acara Pendidikan dan Kebudayaan
Peringati Hardiknas, Kemendikbud Gelar Berbagai Acara Pendidikan dan Kebudayaan

Jakarta, Kemendikbud — Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

anggal 2 Mei 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar berbagai acara yang terkait pendidikan dan kebudayaan. Acara-acara tersebut antara lain ziarah ke makam tokoh pendidikan, upacara bendera, janji publik bersama komunitas peduli pendidikan, pergelaran dendang kencana, pameran foto di beberapa lokasi publik, pameran buku, pemutaran film Indonesia, dan pegelaran ketoprak.

Pada upacara bendera peringatan Hardiknas di kantor Kemendikbud Jakarta, para peserta upacara mengenakan pakaian adat dari 34 provinsi di Indonesia. Defile peserta upacara dengan pakaian adat nusantara dilaksanakan sebelum upacara bendera. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy bertindak sebagai inspektur upacara dalam kesempatan tersebut. Usai upacara, para peserta dijamu dengan aneka kuliner nusantara yang disediakan gratis bagi peserta upacara dan masyarakat.

Setelah upacara, Mendikbud menyampaikan keterangan pers di depan para awak media

yang sudah hadir di kantor Kemendikbud sejak pagi. Di depan para wartawan Mendikbud menyampaikan sejumlah pandangan terkait Hardiknas serta pembangunan pendidikan dan kebudayaan. “Tiga hal yang menjadi perhatian Pemerintah, yaitu kepentingan masyarakat, kepentingan tenaga pengajar, dan cita-cita pendidikan nasional,” kata Mendikbud.

Acara nonton film Indonesia yang dilaksanakan di Gedung A kantor Kemendikbud, mengundang para siswa peserta Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP). Para siswa peserta KKP adalah 272 ketua OSIS sekolah menengah atas (SMA) yang telah terseleksi. Film layar lebar yang diputar dalam kesempatan peringatan Hardiknas ini yaitu film “Yowis Ben” karya sutradara Fajar Nugros dan film “Kartini” besutan sutradara Hanung Bramantyo.

Pameran foto-foto pendidikan dan kebudayaan juga digelar di sejumlah tempat publik

. Pameran foto tersebut digelar di kantor Kemendikbud, Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang Banten, Bandara Lombok Praya di Nusa Tenggara Barat, Stasiun Jakarta Kota, dan Stasiun Gambir. Foto-foto yang dipamerkan adalah karya fotografer dari Kemendikbud. Selain foto-foto, pada pameran tersebut disediakan gerai foto dimana masyarakat dapat melakukan swafoto.

Sebelum tanggal 2 Mei 2018, semua unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud bergotong royong menyelenggarakan “Semarak Hardiknas 2018” di wilayahnya masing-masing. Kegiatan ini juga didukung komunitas pendidikan dan kebudayaan di daerah. Kegiatan menyemarakkan Hardiknas 2018 ini digelar dari tanggal 21 sampai dengan 28 April 2018. Tema yang diusung sama dengan tema peringatan Hardiknas yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Kegiatan-kegiatan seperti pameran, lomba, bedah buku, seminar, bursa usaha, bioskop keliling, serta diskusi pendidikan dan kebudayaan dilaksanakan selama sepekan dan terbuka untuk umum.

 

Sumber :

https://riviste.unimi.it/index.php/test03/comment/view/10097/73956/101125