Peran Sekolah Dalam Pembudayaan Perilaku Antikorupsi

Peran Sekolah Dalam Pembudayaan Perilaku Antikorupsi

Sekolah sebagai lingkungan kedua bagi anak, dapat menjadi tempat pembangunan karakter dan watak. Sekolah dapat memberikan nuansa yang mendukung upaya untuk menginternalisaksikan nilai-nilai dan etika yang hendak ditanamkan, termasuk di dalamnya perilaku antikorupsi. Upaya yang dapat dilakukan untuk penanaman pola pikir,  sikap dan perilaku antikorupsi yaitu melalui sekolah, karena sekolah adalah proses pembudayaan.

Pendidik merupakan profesi yang mulia, pekerjaan yang bukan hanya mengajarkan menulis, membaca, menghitung, membedakan warna atau mengenal bentuk mata uang, akan tetapi pendidik adalah orang yang mentranformasikan pengetahuan  (knowledge) sekaligus perilaku (behavior) kepada peserta didik. Kalau pengetahuan yang salah di transferkan kepada peserta didik tentunya itu dapat diperbaiki oleh waktu , akan tetapi kalau prilaku yang salah dan di justifikasi lalu ditansformasikan kepada peserta didik tentunya ini akan melahirkan generasi-generasi yang menyimpang. Dari sini muncul pameo, kalau profesi guru itu lebih bahaya dari pada dokter, artinya jika dokter salah dalam mendiagnosa penyakit seorang pasien dapat menyebabkan seorang pasien tersebut meninggal, sedangkan guru kalau salah dalam mentansformasikan ilmu dan prilaku akan “membunuh” empat puluh orang dalam satu lokal. Untuk itu pendidik/guru harus memiliki hati nurani.

Sadar atau tanpa sadar pendidik atau guru merupakan ujung tombak

Sadar atau tanpa sadar pendidik atau guru merupakan ujung tombak dari sebuah negara dalam pencapaian visi dan misi, hal ini menjadikan guru masuk kedalam system politik secara luas pada suatu Negara. Di Indonesia dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional peran guru sangat signifikan, tapi ini terkadang tidak disadari oleh setiap guru. Pendidilan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Untuk mewujudkan cita-cita ini, diperlukan perjuangan seluruh lapisan masyarakat. Dilihat dari peran guru sebagai pelaksana tujuan Pendidikan Nasional, Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa. Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak mampu menjaga martabat. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Visi dan misi pendidikan nasional telah menjadi rumusan dan dituangkan pada bagian “penjelasan” atas UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Visi dan misi pendidikan nasional ini adalah merupakan bagian dari strategi pembaruan sistem pendidikan.

Pendidikan nasional mempunyai visi terwujudnya system pendidikan sebaga pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Pendidikan di Indonesia tentunya mempunyai peranan penting dalam mengembangkan nilai-nilai antikorupsi. Karena manusia yang lahir melalui sektor pendidikan adalah manusia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, beriman, berakhlak mulia, memiliki kompetensi dan profesionalitas serta dapat menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Di saat institusi lain tidak berdaya melakukan perlawanan terhadap korupsi, maka institusi pendidikan dapat dijadikan benteng terakhir tempat menyebarkan nilai-nilai antikorupsi. Dengan cara melakukan pembinaan pada aspek mental, spiritual dan moral anak. Pendidikan harus dijadikan sebagai pilar paling depan untuk mencegah korupsi dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik (clean and good governance) untuk masa yang akan datang.

https://haciati.co/