Penyebab dan Dampak Revolusi Prancis

Penyebab dan Dampak Revolusi Prancis

Penyebab dan Dampak Revolusi Prancis

Penyebab dan Dampak Revolusi Prancis

Penyebab Revolusi Prancis

Salah satu penyebab meletusnya Revolusi Prancis merupakan masalah keuangan yang dikarenakan pengeluaran berlebihan oleh raja-raja Prancis di 1600-1700-an. Untuk mengatasi masalah ini, raja Prancis menggunakan sistem pajak untuk rakyatnya. Namun, sistem pajak yang digunakan tidak mampu memberikan keadilan bagi rakyatnya. Grup I dan II bebas pajak. Beberapa borjuis kaya juga bebas pajak dengan membeli lisensi bebas pajak, sementara kelompok III, yaitu petani dan buruh, dikenakan semua jenis pajak termasuk pajak mereka sendiri, pajak penghasilan, pajak tanah dan rumah, pajak garam, dan pajak anggur.

Dampak Revolusi Prancis

Secara politis Revolusi Prancis telah menghasilkan perkembangan liberalisme yang membutuhkan demokrasi dan kebebasan individu, kelahiran republik yang demokratis, munculnya tindakan revolusioner untuk menentang penguasa absolut. Prancis yang semula absolut (kekuasaan raja tak terbatas) menjadi negara demokratis (negara yang memiliki undang-undang dan memiliki Dewan Perwakilan Rakyat).

Revolusi ekonomi Perancis sudah meyebabkan penghapusan sistem pajak feodal, pengembangan industri modern, keluarnya sistem perdagangan bebas dan keadilan dalam sistem perpajakan. Revolusi Perancis sosial-budaya telah mengakibatkan penghapusan feodalisme, munculnya kelas baru orang-orang tanpa kelas, upaya untuk mendistribusikan pendidikan dan pengajaran, keberadaan kebebasan beragama, dan langkah-langkah yang diambil oleh banyak negara lain.


Baca Juga :