Pengertian Zakat

Pengertian Zakat

Zakat menurut bahasa (lughawi), zakat berarti suci, tumbuh, berkembang dan berkah. Sedangkan menurut istilah, zakat adalah kewajiban atas sejumlah harta tertentu yang diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan beberapa syarat tertentu.

  1.  Hukum dan Dalil Zakat

Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu, hukum zakat adalah wajib (fardhu’ain) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Allah telah mewajibkan zakat didalam Al-Qur’an seperti firman Allah SWT,

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكوة (النساء:77)

Artinya: “Dirikanlah salat dan bayarlah zakat hartamu.”(An-Nisa:77)

خُذْ مِنْ اَمْوالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُم وَتُزَكِيْهِم بِهَا (التوبة:103)

Artinya: “Ambillah dari harta mereka sedekah (zakat) untuk membersihkan mereka dan menghapuskan kesalahan mereka.”(At-Taubah:103)

يَأَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ اْلأَرْضِ … (البقرة:267)

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu…”(Al-Baqarah:267)

بُنِيَ اْلإِسلاَمُ عَلَى خَمْسٍ ، شَهَادَةِ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله وَاَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله وَاِقَامِ الصَّلٰوةَ وَاِيْتَاءِ  الزَّكوة وَحَجِّ اْلبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ (متفق عليه)

Artinya: “Islam itu ditegakkan atas 5 dasar: (1) bersaksi bahwa tiada Tuhan yang hak kecuali Allah, dan bahwasannya Nabi Muhammad itu utusan Allah, (2) mendirikan shalat lima waktu, (3) membayaar zakat, (4) mengerjakan ibadah haji ke Baitullah, (5) berpuasa dalam bulan Ramadhan.”(sepakat ahli hadis)

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/xiaomi-mi-a1-dapat-fast-charging-di-android-oreo-beta/