Pengertian, Tujuan & Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Pengertian, Tujuan & Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah bisnis kesegaran masyarakat yang dijalakan di sekolah-sekolah, bersama dengan sasaran anak-anak sekolah dan lingkungannya. Usaha membina dan mengembangkan normalitas hidup sehat dijalankan secara terpadu, baik lewat program pendidikan di sekolah lewat mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesegaran yang mampu yang mampu dijalankan didalam aktivitas kurikuler (intrakulikuler dan ekstrakulikuler), maupun lewat usaha-usaha yang dijalankan didalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesegaran masyarakat.

Upaya untuk meningkatkan derajat kesegaran peserta didik bersama dengan meningkatkan service kesegaran bagi mereka yang sehat maupun yang mengalami kecelakaan, Drajat Martianto (2005:1) mengatakan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya service kesegaran yang terkandung di sekolah yang memiliki tujuan menangani anak didik yang mengalami kecelakaan gampang (upaya dukungan pertama terhadap kecelakaan/P3K), melayani kesegaran basic bagi anak didik selama sekolah (pemberian imunisasi), memantau perkembangan dan standing gizi anak didik.

Usaha Kesehatan Sekolah ialah Usaha Kesehatan Masyarakat yang dijalankan disekolah-sekolah bersama dengan peserta didik beserta lingkungan hidupnya sebagai sasaran utama, Sonja Poernomo (1976:16).

Jadi saya mampu menyimpulkan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya pendidikan dan kesegaran yang dijalankan secara terpadu, sadar, berencan, terarah, dan bertanggung jawab didalam menanamkan, menumbuhkan,mengembangkan dan membimbing untuk menghayati, menyenangi dan melakukan komitmen hidup sehat didalam kehidugpan peserta didik sehari-hari.

Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah

Dalam upaya peningkatan derajat kesegaran siswa tentunya kudu dirumuskan tentang obyek dari pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang mengidamkan dicapai. Departemen Kesehatan (2006:3) menyebutkan bahwa obyek umum dari UKS adalah meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik bersama dengan meningkatkan tabiat hidup bersih dan sehat dan juga derajat kesegaran peserta didik maupun warga belajar, dan menciptakan lingkungan sehat, sehingga amat mungkin perkembangan dan perkembangan yang harmonis dan optimal didalam rangka pembentukan manusia Indonesia Seutuhnya.

Menurut Sriawan (2010:25), obyek service kesegaran disekolah adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan melakukan tindakan hidup sehat, didalam rangka membentuk tabiat hidup sehat. Juga untuk meningkatkan kekuatan tahan tubuh terhadap penyakit dan menghindar terjadinya penyakit, kelainan dan cacat.

Sedangkan menurut pendapat Drajat Martianto (2005:3) Tujuan UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik bersama dengan meningkatkan tabiat hidup bersih dan sehat dan derajat kesegaran peserta didik maupun warga belajar dan juga menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga amat mungkin perkembangan dan perkembangan yang harmonis dan optimal didalam rangka pembentukan manusia seutuhnya.

Meningkatkan kemampuan dan keterampilan melakukan tindakan hidup sehat didalam rangka membentuk tabiat hidup sehat dan juga meningkatnya kekuatan tahan tubuh peserta didik terhadap penyakit dan menghindar terjadinya penyakit, kelainan, dan cacat. Menghentikan proses penyakit dan pencegahan akibat penyakit/kelainan, pengambilan fungsi dan peningkatan kemampuan peserta didik yang cedera/cacat mampu berfaedah optimal.

Jadi, obyek Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, prestasi belajar peserta didik, dan produktivitas peserta didik didalam berprestasi belajar dan meningkatkan tabiat hidup bersih dan sehat dan juga derajat kesegaran peserta didik maupun warga belajar dan menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga amat mungkin perkembangan dan perkembangan yang harmonis dan optimal didalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah

Menurut Mu’rifah (2007:8.4) sasaran dari UKS adalah masyarakat sekolah yang terdiri dari peserta didik, guru dan petugas sekolah lainnya. Sekolah yang dimaksud adalah seluruh sekolah dari tingkat sekolah basic (SD) sampai tingkat atas atau SMA.

Drajat Martianto (2005:4) menuturkan: Sasaran pelaksanaan UKS adalah peserta didik di sekolah/satuan pendidikan luar sekolah, Guru, Pamong Pelajar, Pengelolaan Pendidikan lainnya, Pengelola Kesehatan, dan masyarakat. Untuk itu pembinaan dan pengembangan UKS di Sekolah/Satuan Pendidikan Luar Sekolah dijalankan lewat tiga program pokok yang meliputi:
Pendidikan Kesehatan.
Pelayanan Kesehatan.
Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat (Kesehatan Lingkungan di Sekolah).
Demikian gambaran pengertian bisnis kesegaran sekolah dan obyek pelaksanaan dan juga sasaran bisnis kesegaran sekolah. Prioritas pelaksanaan program UKS diberikan terhadap Sekolah Dasar, mengingat bahwa umur SD merupakan umur yang rawan dan didalam masa perkembangan sehingga kudu upaya pendidikan kesehatan, dan service kesegaran untuk membiasakan tabiat hidup sehat sebagai basic terhadap jenjang pendidikan selanjutnya.

Baca Juga :