Pengertian Internet: Fungdi, Manfaat dan Dampak Internet

Memahami Internet itu

Apa yang dimaksud dengan internet (jaringan-interkoneksi)? Memahami Internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan miliaran jaringan komputer secara terbuka menggunakan protokol global TCP / IP (kontrol transmisi) standar.

Ada juga klarifikasi bahwa definisi Internet adalah jaringan internasional, di mana semua jenis dan tipe komputer di seluruh dunia dapat dihubungkan menggunakan jenis komunikasi seperti telepon, satelit dan lainnya.

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking di mana setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki identitas unik yang disebut IP (Internet Protocol Address).

Alamat IP dari setiap komputer harus unik dalam bentuk kombinasi angka yang menunjukkan identitas komputer di Internet.

Pahami internet menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa definisi Internet itu, kita bisa merujuk pada pendapat para pakar berikut:

1. Sibero
Menurut Sibero, gagasan Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer secara global. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Internet juga bisa disebut jaringan alami, yang merupakan jaringan yang sangat besar.

2. Sarwono
Menurut Sarwono, gagasan Internet adalah kumpulan jaringan dalam skala global, di mana tidak ada yang bisa bertanggung jawab untuk mengelola Internet itu sendiri.

3. Berners Lee
Menurut Berners Lee, gagasan Internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Ini jelas mengacu pada konsep di mana jaringan komputasi tertentu, atau jaringan lokal, juga dapat dihubungkan ke jaringan lain.

4. Ned Snell
Menurut Ned Snell, definisi Internet adalah koridor untuk berbagai jenis sumber daya yang tersedia dan masing-masing sumber daya ini diakses melalui perangkat yang berbeda.

5. Onno W. Purbo
Menurut Onno W. Purbo, pengertian Internet adalah cara yang digunakan untuk menyederhanakan proses komunikasi yang terhubung ke berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, e-mail.

6. Lani Sidharta
Menurut Lani Sidharta, gagasan tentang Internet adalah bentuk interkoneksi jaringan komputer, yang dapat menyediakan bentuk lengkap layanan informasi. Lani juga menyatakan bahwa Internet juga merupakan mitra virtual atau virtual yang kuat, yang biasa digunakan dalam media perusahaan, politik, dan bahkan hiburan.

7. O’Brien
Menurut O’Brien, definisi Internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat dan menguntungkan untuk berbagai kepentingan, mulai dari kepentingan komersial, pendidikan, jaringan pemerintah yang dapat saling berhubungan.

Cara mempercepat koneksi Internet Anda
Definisi WWW
Fungsi Internet umum
Fungsi internet
Memahami Internet dan fungsinya
Internet memiliki beberapa fungsi penting yang diperlukan bagi manusia, terutama di komunitas perkotaan di seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa fitur Internet:

1. Sebagai sarana komunikasi
Mengacu pada pengertian Internet yang disebutkan di atas, Internet dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi bagi manusia di berbagai belahan dunia.

Penggunaan internet sebagai alat komunikasi sangat umum digunakan saat ini. Kita bisa melihatnya dari munculnya berbagai situs media sosial dan aplikasi obrolan yang memfasilitasi komunikasi untuk semua orang.

2. Sebagai dukungan untuk akses ke informasi
Era internet adalah era keterbukaan. Artinya, dengan hadirnya internet, lebih mudah bagi manusia untuk mengakses berbagai informasi penting.

Jika di masa lalu orang harus membaca buku untuk mendapatkan informasi, sekarang mereka dapat dilakukan melalui Internet. Keberadaan buku digital atau e-book juga memungkinkan manusia membaca buku secara online.

3. Sebagai dukungan untuk pertukaran sumber daya
Ada banyak orang yang ingin berbagi sumber daya atau data dengan orang lain di seluruh dunia. Ini bisa dilakukan melalui Internet.

Beberapa sumber daya atau data yang sering dibagikan di Internet adalah dokumen, dokumen, majalah, foto, video, gambar, dan lainnya.

4. Sebagai dukungan untuk akses ke berita
Berbagai acara dan tempat di seluruh dunia dapat dilihat melalui berbagai situs berita online atau media online. Ini jelas dapat dilakukan berkat Internet. Semua situs berita online di dunia hanya dapat dibuka ketika perangkat kita terhubung ke Internet.

Manfaat Internet bagi manusia

Manfaat Internet
Memahami Internet dan keuntungannya
Setelah memahami arti Internet dan fungsinya, kita jelas juga perlu tahu apa kelebihan Internet. Kelebihan Internet bagi manusia sangat erat kaitannya dengan fungsi Internet itu sendiri.

Kelebihan Internet secara umum adalah memfasilitasi manusia dalam berbagai kegiatan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan Internet:

1. Komunikasi yang lebih cepat
Komunikasi antar individu di berbagai tempat menjadi lebih mudah di Internet. Selain itu, biaya untuk proses komunikasi juga sangat murah saat menggunakan Internet.

Beberapa cara komunikasi yang sering dilakukan menggunakan Internet adalah: chatting, mengirim e-mail, media sosial dan lainnya.

2. Tambahkan kedalaman dan pengetahuan
Tidak ada lagi alasan untuk kesulitan dalam mengakses pengetahuan karena dapat dilakukan dengan bantuan Internet. Keberadaan berbagai situs yang secara langsung menghadirkan beragam pengetahuan akan menambah informasi bagi pengguna internet.

Misalnya, jika seseorang ingin belajar bahasa asing dengan mudah, maka ada berbagai situs yang dapat digunakan secara gratis atau dengan biaya. Atau ketika seseorang ingin belajar cara bermain gitar oleh seorang ahli secara gratis, maka itu bisa dilakukan berkat Internet, seperti menonton tutorial gitar di YouTube.

3. Kemudahan pembelian
Konsumen online di Indonesia tumbuh sangat cepat. Ini adalah bukti bahwa Internet memudahkan untuk membeli sesuatu dengan cepat dan murah.

Dari sudut pandang kewirausahaan, keberadaan Internet tentu saja membuat proses pengembangan bisnis lebih sederhana, lebih cepat dan lebih murah. Oleh karena itu, tidak heran mengapa perdagangan elektronik di Indonesia berkembang pesat.

4. Kemudahan pemasaran bisnis
Pengusaha harus menggunakan Internet sebagai media pemasaran. Keuntungan pemasaran Internet banyak dibandingkan dengan pemasaran konvensional, termasuk:

Biaya pemasaran cenderung lebih murah
Anda dapat beralih ke target pasar tertentu
Itu dapat menjangkau lebih banyak orang
Bangun merek lebih cepat
Dll
Bahkan metode pemasaran online sangat berbeda, sehingga pengusaha tidak menghabiskan ide untuk mengeksplorasi peluang pemasaran terbaik untuk bisnis mereka.

5. Sarana hiburan
Internet juga merupakan media yang sangat populer sebagai wahana hiburan, terutama generasi milenium. Beberapa situs internet yang sering digunakan sebagai tempat hiburan adalah YouTube.com, Facebook.com, Instagram.com, dan lainnya. Berbagai konten di Internet dapat menjadi hiburan Anda sendiri untuk komunitas.

6. Kemudahan pencarian informasi
Kemudahan menemukan berbagai informasi di Internet juga merupakan keuntungan yang dirasakan masyarakat saat ini. Misalnya, ketika pencari kerja sedang mencari tawaran pekerjaan, maka kita dapat membuka berbagai situs untuk membuka pekerjaan di Internet.

Dampak positif dan negatif dari Internet

Dampak internet
Dampak internet
Perkembangan teknologi selalu memiliki dua sisi yang harus ditanggulangi dengan bijak, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari penggunaan Internet untuk masyarakat umum:

1. Dampak positif
Mempercepat dan memperlancar arus informasi dan data
Bantu siswa mengerjakan tugas
Bangun pembelajaran Anda sendiri dengan menonton dan membaca berbagai tutorial di Internet
Tambahkan pengetahuan dan pemahaman
Fasilitasi kegiatan kampanye atau promosikan hal-hal positif
Hiburan yang mudah dan waktu luang
Perkuat hubungan dan pertemanan melalui media sosial
Ini membantu mendorong roda ekonomi dan ekonomi melalui e-commerce
Memfasilitasi proses kerja manusia
Ciptakan banyak pekerjaan dan peluang bisnis baru
Dll
2. Dampak negatif
Potensi kecanduan internet
Penggunaan waktu yang tidak produktif
Potensi kejahatan melalui Internet / kejahatan komputer, seperti penipuan
Ada konten yang tidak pantas dan berbahaya untuk anak di bawah umur
Informasi sederhana dan berita tipuan ditampilkan (penipuan)
Peningkatan risiko provokasi antar kelompok
Peningkatan masalah SARA yang menyebabkan perpecahan sosial
Munculnya cyber bullying
Erosi budaya asli lokal akibat proses globalisasi melalui Internet
Baca juga: Memahami ISP

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian Internet, tentang fungsi, manfaat dan dampak Internet bagi masyarakat pada umumnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Sumber : rumusguru.com