GPU dan VPU

Pengertian GPU dan VPU beserta Cara Kerjanya

Pengertian Gpu dan VPU

Pernahkah Anda mendengar istilah GPU? Unit pemrosesan grafis sering muncul di berbagai produk komputer, terutama dalam kategori kartu grafis. GPU adalah unit pemrosesan grafis atau jika bahasa Indonesia adalah GPU.

Definisi atau pemahaman GPU menurut wikipedia bahasa Inggris, GPU adalah sirkuit khusus yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori dengan cepat untuk mempercepat konstruksi gambar dalam buffer bingkai yang dimaksudkan untuk ditampilkan untuk ditampilkan.

GPU saat ini digunakan di sistem embedded, ponsel, komputer, workstation dan konsol game. GPU modern sangat efektif dalam menangani grafik yang terkomputerisasi, dan strukturnya yang sangat paralel membuatnya lebih efisien daripada CPU tujuan umum untuk algoritma di mana pemrosesan blok data besar dilakukan secara paralel.

Di komputer pribadi, GPU dapat hadir pada kartu video (kartu grafis) atau dapat pada motherboard atau pada CPU tertentu. Saat ini, lebih dari 90% PC desktop dan notebook baru memiliki GPU terintegrasi, yang biasanya jauh lebih kuat daripada yang ada pada kartu video khusus.

Istilah GPU didefinisikan dan dipopulerkan oleh Nvidia pada tahun 1999, yang memasarkan kartu grafis GeForce 256 sebagai “GPU pertama di dunia, sebuah prosesor tunggal yang terintegrasi dengan transformasi, penerangan, konfigurasi segitiga dan mesin render yang dapat memproses setidaknya 10 juta poligon per detik “.

Sementara perusahaan saingannya nvidia, ATI Technologies tidak ingin menggunakan istilah nvidia, ATI menciptakan istilah lain, VPU (kependekan dari Virtual Processing Unit), yang menampilkan kartu grafis Radedon 9700 pada tahun 2002.

Memahami GPU dan VPU – GPU

Kartu grafis khusus (grafik berdiri sendiri atau Tambah)
GPU kelas paling kuat biasanya dalam bentuk yang dapat dihubungkan ke slot ekspansi pada motherboard, seperti PCI Express (PCIe) atau Accelerated Graphics Port (AGP), dan dapat diganti atau ditingkatkan dengan mudah, mampu mendukung pembaruan kartu grafis.

Beberapa kartu grafis masih menggunakan slot Peripheral Component Interconnect (PCI), tetapi karena bandwidth yang sangat terbatas, mereka umumnya hanya digunakan ketika slot PCIe dan AGP tidak tersedia.

Tetapi GPU Khusus tidak selalu dapat dilepas, juga tidak selalu memiliki bentuk yang cocok dengan motherboard standar. Istilah “khusus” mengacu pada istilah kartu grafis yang memiliki RAM sendiri, terbuka untuk kartu grafis yang dapat dilepas dan dipasang.

GPU dan VPU

Teknologi seperti SLI, dibuat oleh Nvidia dan Crossfire buatan ATI, memungkinkan penggunaan dua GPU untuk menggambar satu gambar, yang meningkatkan daya pemrosesan yang tersedia untuk grafik.

Solusi Grafik Terintegrasi (solusi terintegrasi untuk kartu grafis)
Kartu grafis terintegrasi, berbagi kartu grafis, atau prosesor grafis terintegrasi (IGPs) adalah kartu grafis yang menggunakan bagian dari sistem RAM komputer. Kartu grafis ini terintegrasi ke dalam motherboard. Pengecualian untuk AMD IGP yang menggunakan sideport memori khusus pada beberapa motherboard dan APUS, di mana mereka terintegrasi dengan CPU.

Solusi kartu grafis terintegrasi ini lebih murah daripada kartu grafis yang berdiri sendiri tetapi tidak berkinerja baik. Secara historis, kartu grafis terintegrasi sering dianggap tidak pantas untuk bermain game 3D atau untuk mengimplementasikan grafis intensif tetapi masih dapat menjalankan program gambar yang tidak sekuat Adobe Flash. Sebagai contoh, PGI dibangun dari SIS dan VIA sekitar tahun 2004.

Namun, untuk kartu grafis terintegrasi yang lebih modern seperti AMD Fusion dan Intel HD graphics, mereka lebih mampu mengelola grafis flash 2D adobe atau grafis 3D level rendah. Pabrikan kartu grafis terus meningkatkan kemampuan kartu grafis terintegrasi sejauh ini.

Solusi hibrid (solusi grafis hibrid)
Ini adalah kelas GPU baru yang bersaing dengan grafik terintegrasi untuk komputer desktop dan notebook kelas bawah. Implementasi paling umum dari solusi hybrid adalah ATI HyperMemory dan Nvidia TurboCache.

Kartu grafis hybrid sedikit lebih mahal daripada kartu grafis terintegrasi tetapi lebih murah daripada kartu grafis tambahan atau kartu grafis khusus. Kartu grafis hybrid akan berbagi memori dengan motherboard, tetapi akan memiliki cache memori yang berdiri sendiri kecil.

Sumber : https://www.Videomax.co