pengertian dan jenis format kewirausahaan

pengertian dan jenis format kewirausahaan – Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti : pejuang, pahlawan, insan unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti tindakan amal, bekerja, melakukan sesuatu. Jadi wirausaha ialah pejuang atau pahlawan yang melakukan sesuatu. Ini baru dari sisi etimologi (asal usul kata). Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha ialah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menilai teknik produksi baru, merangkai operasi untuk menyelenggarakan produk baru, menata permodalan operasinya serta memasarkannya.

Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, disematkan bahwa:

Wirausaha ialah orang yang memiliki semangat, sikap, perilaku dan keterampilan kewirausahaan.
Kewirausahaan ialah semangat, sikap, perilaku dan keterampilan seseorang dalam menangani usaha atau pekerjaan yang mengarah pada upaya mencari, membuat serta menerapkan teknik kerja, teknologi dan produk baru dengan menambah efisiensi dalam rangka menyerahkan pelayanan yang lebih baik dan atau mendapat keuntungan yang lebih besar.
Wira Usaha pun dapat disebutkan sebagai keterampilan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka bermunculan batin, sumber penambahan kepribadian, atau bias dinamakan sebagai sebuah proses dimana orang melatih peluang, adalahsifat mental dan sifat jiwa yang tidak jarang kali aktif, dituntut untuk dapat mengelola, menguasai, memahami dan kawakan untuk memacu kreatifitas

Dapat di simpulkan bahwa definisi kewirausahaan/kewiraswastaan ialah semangat, sikap, perilaku, dan keterampilan seseorang dalam menangani usaha atau pekerjaan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan teknik kerja, teknologi dan produk baru dengan menambah efisiensi dalam rangka menyerahkan pelayanan yang baik atau mendapat keuntungan yang lebih banyak dengan memanfaatkan sumber kekayaan yang terdapat dengan bersumber pada kekayaan sendiri.

Dengan berwirausaha bakal menunjang ekonomi family / pemerintah, baik industri dan perdagangan. Pertumbuhan industri yang dibuntuti kemajuan perniagaan akan melahirkan peluang kerja baru. Lapangan kerja baru ini bakal menampung tenaga kerja baru, yang pada hakekatnya meminimalisir pengangguran, menanggulangi ketegangan sosial, menambah taraf hidup masyarakat, memajukan ekonomi bangsa dan negara, pada kesudahannya menilai pula keberhasilan pembangunan nasional.

JENIS DAN BENTUK KEWIRAUSAHAAN
Ruang lingkup kewirausahaan paling luas sekali. Secara umum, ruang lingkup kewirausahaan ialah bergerak dalam bisnis. Jika diuraikan secara mendetail ruang lingkup kewirausahaan, bergerak dalam bidang:

1. Lapangan agraris

  • Pertanian
    Perkebunan dan kehutanan

2. Lapangan perikanan

  • Pemeliharaan ikan
    Penetasan ikan
    Makanan ikan
    Pengangkutan ikan

3. Lapangan peternakan

  • Bangsa burung atau unggas
    Bangsa hewan menyusui

4. Lapangan perindustrian dan kerajinan

  • Industri besar
    Industri menengah
    Industri kecil
    Pengrajin -Pengolahan hasil pertanian -Pengolahan hasil perkebunan -Pengolahan hasil perikanan -Pengolahan hasil peternakan -Pengolahan hasil kehutanan

5. Lapangan pertambangan dan energi

6 Lapangan perdagangan

  • Sebagai saudagar besar
    Sebagai saudagar menengah
    Sebagai saudagar kecil

7. Lapangan pemberi jasa

  • Sebagai saudagar perantara
    Sebagai pemberi kredit atau perbankan
    Sebagai pengusaha angkutan
    Sebagai pengusaha hotel dan restoran
    Sebagai pengusaha biro jasa travel pariwisata
    Sebagai pengusaha asuransi, pergudangan, perbengkelan, koperasi, tata busana, dan beda sebagainya.

Sumber : PELAJARAN.ID