Panduan mandikan kucing

Panduan mandikan kucing

Panduan mandikan kucing

Panduan mandikan kucing

Setelah semua yang dibutuhkan dirasakan lengkap. Saat yang tepat jika Anda menilai kucing tersebut perlu dimandikan karena sudah bau atau kotor.

1. Basahi bagian tubuh

Panduan memandikan kucing, awalnya membasahi bagian tubuh sampai ke ekor secara perlahan-lahan. Bisa menggunakan cangkir plastik untuk menguyur sedikit sedikit atau menggunakan kran semprot yang disesuaikan curah airnya tidak poll.
Usahakan menjaga genangan air yang tertampung di ember plastik maksimal sebatas kakinya. Sehingga tidak membuat kucing panik.

2. Sampo kucing

Sampo kucing beda dengan sampo anjing, apalagi dengan sampo manusia. Biasanya masing-masing sampo tersebut punya ph yang berlainan sehingga tidak cocok dipakai, khususnya terlalu sering.
Untuk kondisi darurat, Anda bisa menanyakan jenis sampo yang lembut dan tidak pedih untuk kucing, yang mungkin saja disarankan dipakai.
Usap sampo yang Anda balurkan ke bagian mantel bulunya. Kocek dengan teratur sambil memijat supaya cairan sampo meresap hingga dasar kulit.
Baca aturan pakai sampo kucing yang punya waktu untuk didiamkan terlebih dahulu beberapa menit atau tidak.
Beberapa sampo tertentu ada yang perlu waktu 5 – 15 menit dan biasanya sampo tersebut berfungsi ganda menghilangkan kutu, dan sebagainya.

Bilas bulu kucing

Setelah menyiram dan memberi sampo di bagian badan kucing, setelah waktu sudah cukup, maka membilas dengan air bersih.
Dalam proses membilas sampo kucing memastikan benar-benar bersih dan tidak ada sisa busa dan sampo tertinggal di badan kucing.
Keringkan badannya dengan handuk yang lembut.
Periksa apakah benar-benar kering sehingga tidak menjadi lembab.
Untuk mempercepat proses pengeringan air yang tersisa di badan kucing, Anda bisa menggunakan pengering rambut dan menjaga jarak yang aman supaya kucing tidak ketakutan mendengar suara yang bergemuruh.
Perhatikan jarak aman menggunakan hair dry dari badan kucing. Supaya tidak terlalu panas di satu titik, gulirkan secara bergantian.
Untuk memastikan mantel bulu kucing sudah kering, usap menggunakan tangan yang sudah dibersihkan dengan kain penyerap air.
Option lain yang bisa Anda lakukan setelah memandikannya, adalah memeriksa bagian telinga kucing.