Meningkatkan Konsumsi Pangan Sangatlah Penting

Meningkatkan Konsumsi Pangan Sangatlah Penting

Meningkatkan Konsumsi Pangan Sangatlah Penting

 

Meningkatkan Konsumsi Pangan Sangatlah Penting

Upaya untuk meningkatkan konsumsi

Upaya untuk meningkatkan konsumsi pangan manusia setiap harinya sesuai dengan jenjang kebutuhannya sangatlah penting. Apalagi dewasa ini terkait dengan persoalan gizi dan keamanan pangan sudah sangat mengkhawatirkan.

Bahkan, banyak sekali temuan di lapangan yang berkaitan dengan persoalan gizi masyarakat, khususnya bagi golongan menengah ke bawah. Begitu pun halnya dengan persoalan keamanan itu sendiri.

Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman

Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengungkapkan hal tersebut saat membuka workshop gizi dan keamanan pangan untuk mendukung prestasi siswa di Convention Hall SEAMEO BIOTROP, Jalan Raya Tajur, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (22/03/2018).

“Oleh karena itu, sangat tepat sekali apa yang dilakukan hari ini bagi guru-guru untuk mendapatkan edukasi mengenai gizi dan keamanan pangan yang tentunya nanti akan ditransferkan dan dipraktekkan kepada anak didiknya,” kata Usmar.

Berkaitan dengan gizi dan keamanan pangan untuk mendukung prestasi siswa, menurut Usmar, setidaknya terdapat empat pilar gizi seimbang. Keempatnya, yaitu mengkonsumsi beraneka ragam pangan, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat termasuk menjaga keamanan makanan, melakukan aktivitas fisik, dan pemantauan berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal.

“Biasakan mereka untuk makan tiga kali sehari bersama keluarga, biasakan mengkonsumsi ikan dan sumber protein lainnya, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan cukup buah-buahan, biasakan membawa bekal makanan dan air putih dari rumah, dan batasi juga mereka mengkonsumsi makanan cepat saji, jajanan, dan makanan selingan yang manis, asin dan berlemak,” paparnya.

Workshop

Workshop yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fahrudin ini, mendatangkan narasumber, yakni Lili Defi Z dari Badan POM RI dan Ahmad Sulaeman, Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi pada Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB.

 

Sumber : https://portal.iro.unsoed.ac.id/manajemen/jaringan-meristem-pengertian-jenis-ciri-contoh/