Mempelajari Manajemen Reputasi Online dan Cara Memaksimalkannya

Mempelajari Manajemen Reputasi Online dan Cara Memaksimalkannya

Sejatinya, manajemen reputasi merupakan sebuah cara yang ditunaikan untuk merubah reputasi individu atau sebuah perusahaan. Namun kini, layaknya dilansir berasal dari Forbes, Manajemen Reputasi Online (MRO) lebih mengacu terhadap bisnis untuk mengelola ulasan negatif di media sosial dan hasil pencarian sebuah merek di mesin pencarian.

Langkah ini sangat mutlak di dalam sebuah bisnis, dikarenakan bersamaan berkembangnya teknologi, media sosial sudah beralih jadi pisau bermata dua yang bisa membangun atau menghancurkan sebuah brand. Karena itu dengan jalankan MRO, sebuah perusahaan bisa memandang bagaimana posisi mereknya di tengah masyarakat. Tidak cuma itu, perusahaan termasuk bisa memilih trik pemasaran yang pas dan memandang tindakan apa yang bisa diambil untuk menangani protes/kritik negatif yang dilontarkan melalui media sosial.

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa jalankan Manajemen Reputasi Online yang baik? Berikut rangkumannya untuk Anda:

1. Pantau kata kunci yang mengenai dengan merek

Kata kunci/keyword merupakan elemen yang sangat mutlak agar merek Anda bisa dengan ringan dicari terhadap mesin pencarian. Karena itu, di media sosial sebagai media utama untuk reputasi online, Anda kudu memonitor keyword dan tagar yang mengenai dengan brand, produk, karyawan, dan juga kompetitor.

Untuk memonitor kata kunci, Anda bisa menggunakan bermacam aplikasi layaknya Tagboards atau Hashtagify. Aplikasi berikut bisa menolong Anda melacak media apa saja yang digunakan untuk meletakan keyword atau tagar yang mengenai dengan brand.

2. Respon cepat

Ulasan atau komentar negatif di keliru satu akun media sosial merek Anda bisa dengan cepat dibaca oleh ribuan bahkan jutaan konsumen. Agar tidak membawa dampak rumor di tengah masyarakat, pastikan perusahaan Anda punya karyawan yang bertugas tertentu untuk menganggapi ulasan/komentar di media sosial dengan cepat. Selain untuk meredam efek negatif yang bisa saja muncul, sikap berikut termasuk menunjukan perusahaan Anda punya citra cepat tanggap.

3. Jangan menghapus komentar di akun media sosial

Banyak perusahaan kerap menghapus komentar buruk di media sosial dengan kesimpulan agar tidak tersedia costumer yang melihat. Namun sebaliknya, perihal itu justru ide yang buruk. Menghapus komentar/kritik buruk di akun media sosial merek Anda cuma dapat menunjukan bahwa perusahaan tidak senang mendapat kritikan dan berupaya membungkam kebenaran. Sebaliknya, balas saja komentar berikut dengan profesional dan bijaksana. Ingat, sebaiknya lumayan menghapus komentar yang sangat mengganggu layaknya mengandung unsur SARA atau verbal bullying.

4. Atur konten di media sosial

Untuk menjangkau costumer berasal dari bermacam kalangan, menggunakan banyak media sosial layaknya facebook, twitter, dan instagram bisa jadi solusi. Namun jangan cuma punya banyak media sosial tanpa konten yang kontinu. Agar punya reputasi yang baik, kelola media sosial Anda secara teratur dengan memasukan Info perusahaan yang bisa dihubungi dan isi dengan konten yang tetap diperbaharui.

5. Buat konten yang berkualitas

Cara alami/organik agar reputasi online merek Anda tambah baik adalah dengan membawa dampak konten memiliki kwalitas secara berkelanjutan. Jika merek Anda

memiliki website, cobalah tambahkan kolom blog yang berisikan artikel menarik seputar bidang bisnis Anda. Jangan lupa masukan keywords yang mengenai agar menaikan posisi merek di mesin pencarian. Dengan teratur membawa dampak konten berkualitas, dijamin merek Anda dapat punya reputasi online yang baik.

Baca Juga :