MediaTek Resmi Luncurkan deca-core SoC Helio X30

MediaTek Resmi Luncurkan deca-core SoC Helio X30

MediaTek Resmi Luncurkan deca-core SoC Helio X30

 

MediaTek Resmi Luncurkan deca-core SoC Helio X30
MediaTek Resmi Luncurkan deca-core SoC Helio X30

NGONOO.com – Akhirnya setelah menunggu cukup lama bakal penerus X20 dan X25 MediaTek

akhirnya dirilis juga, seri X30 sekarang menjadi seri chipset tertinggi setelah kabarnya Qualcomm juga akan mengenalkan Snapdragon 821 atau 823.

Chipset terbaru Helio X30 ini diharapkan akan menjadi andalan smartphone kelas menengah ataupun di kelas atas bersaing dengan Qualcomm maupun Exynos.

Mediatek Helio X30

Helio X30 sekarang sudah menggunakan Cortex A73 deca-core dengan tri-cluster, sedikit perbedaannya dengan Helio seri sebelumnya terletak pada konfigurasi cluster untuk Helio X30 ini menggunakan core terbaru dari ARM, Artemix, atau Cortex A73 pada SoC nya.

Kalau Helio X30 menggunakan prosesor deca-core dengan peningkatan cluster, lain halnya dengan Helio X20 dan X25 yang masih mengandalkan prosesor dual-core Cortex A72. Peningkatan jumlah core ini kemungkinan karena ARM nantinya akan memberikan kinerja yang lebih baik dengan Cortex A73 nya.

Mediatek Helio X30-2

Cortex A73 akan beroperasi secara maksimal hingga clock speed 2.8 GHz. Selain cluster Cortex

A73, MediaTek juga menghadirkan dua cluster lain di Helio X30, yaitu 4x Cortex A53 di 2.2 GHz dan 2x Cortex A35 di 2 GHz. Kedua cluster tersebut akan lebih banyak dimanfaatkan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak membutuhkan kemampuan proses tinggi di perangkat yang menggunakan Helio X30.

Oleh karena itu Helio X30 sudah mendukung RAM LPDDR4 hingga 8 GB, model LTE dan juga mendukung resolusi foto dan video masing-masing hingga 40 megapiksel dan 24 megapiksel. Gimana, keren kan? 😀

Perangkat terbaru dengan chipset Helio X30 kabarnya baru akan tersedia untuk smartphone high

end pada awal tahun 2017. Hingga saat ini belum ada informasi mengenai perangkat apa saja yang akan menggunakan chipset seri tertinggi Helio X30 ini.

Baca Juga: