MAKNA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

MAKNA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

MAKNA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

MAKNA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

Makna Pancasila sebagai dasar negara Indonesia harus dipahami oleh seluruh bangsa Indonesia bahwa Pancasila memiliki peran penting sebagai ideologi negara Indonesia. Pancasila digunakan sebagai sumber nilai, paradigma pembangunan, dan landasan bagi pelaksanaan pemerintahan. Pancasila juga digunakan sebagai ciri khas jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.

1. SEBAGAI TONGGAK BERDIRINYA BANGSA INDONESIA

Pancasila adalah landasan berdirinya bangsa Indonesia dan dasar bangsa Indonesia mencapai suatu kemerdekaan. Perjuangan para tokoh nasional dalam menjadikan pancasila sebagai dasar negara adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dan membuktikan bahwa bangsa Indonesia merdeka dengan kemampuannya sendiri.

2. SEBAGAI PEDOMAN HIDUP

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia digunakan untuk pedoman dalam mengambil setiap keputusan yang ada di Indonesia.

3. SEBAGAI JIWA BANGSA

Pancasila harus menjadi jiwa dari bangsa Indonesia. Nilai-nilai pancasila harus terwujud dalam setiap lembaga, organisasi, maupun setiap masyarakat Indonesia.

4. SEBAGAI KEPRIBADIAN BANGSA

Kepribadian setiap bangsa memiliki peran penting untuk menunjukkan ciri khas dari suatu bangsa. Sebagai dasar negara Indonesia, pancasila harus dipahami sebagai kepribadian dari masing-masing individu. Setiap individu harus memegang teguh nilai-nilai luhur dalam pancasila untuk menunjukkan pada dunia luar bahwa Pancasila ada di setiap hati masyarakat Indonesia.

5. SEBAGAI SUMBER DARI SEGALA SUMBER HUKUM

Segala peraturan perundang-undangan yang dibuat di Indonesia bersumber pada pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Hal ini berarti Pancasila menduduki hukum tertinggi yang ada di Indonesia dan segala peraturan perundang-undangan di bawahnya tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

6. SEBAGAI CITA-CITA BANGSA INDONESIA

Cita-cita bangsa Indonesia dirumuskan dalam setiap sila yang terdapat dalam Pancasila. Untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia tersebut setiap masyarakat wajib menanamkan Pancasila dalam diri masing-masing.


Sumber: https://infotoyotabandung.co.id/background-changer-apk/