Makanan untuk Mencegah & Mengobati Penyakit Arteri Koroner

Makanan untuk Mencegah & Mengobati Penyakit Arteri Koroner

Sebelum merinci sejumlah nutrisi atau makanan untuk menghindar dan membuat sembuh penyakit arteri koroner. Pertanyaan pertama, Apa itu penyakit arteri koroner? Pembuluh darah yang membawa darah ke jantung disebut arteri koroner. Pembuluh selanjutnya layaknya tabung sempit. Zat lemak yang disebut plak mampu terbentuk di arteri ini dan membuatnya menjadi lebih sempit, sehingga sedikit darah masuk ke jantung. Jika Anda mempunyai penyakit arteri koroner, jantung Anda tidak meraih darah dan oksigen yang diperlukan untuk bekerja sebagaimana normalnya. Penyakit arteri koroner mampu membawa dampak masalah kebugaran yang serius, terhitung angina (nyeri atau tekanan di dada) dan serangan jantung.

Beberapa perihal menambah risiko penyakit arteri koroner, terhitung hipertensi, merokok, diabetes, obesitas, menjadi pria, riwayat penyakit keluarga dan tingkat kolesterol tinggi. Meskipun Anda tidak mampu mengubah semua perihal yang menambah risiko penyakit arteri koroner, Anda mampu turunkan kandungan kolesterol Anda dengan laksanakan pergantian pada makanan Anda, dan Anda mampu berhenti merokok. jika kamu merokok sekarang).

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah zat yang tersedia di kami semua. Tubuh kami membawa dampak kolesterol. Ini terhitung hadir dalam makanan daging dan susu. Makanan tanaman tidak punya kandungan kolesterol. Ada beberapa style kolesterol, terhitung low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL disebut kolesterol “buruk” gara-gara mampu terbentuk di anggota dalam arteri Anda, menyebabkannya menjadi sempit. HDL disebut kolesterol “baik” gara-gara menjaga arteri Anda berasal dari penumpukan plak.

Bagaimana turunkan kolesterol LDL mampu membantu?

Menurunkan kandungan kolesterol LDL Anda dapat menolong menjaga sehingga plak tidak terbentuk di arteri Anda. Hal ini mempermudah hati Anda untuk meraih darah dan nutrisi yang dibutuhkannya.

Jika Anda udah mempunyai penyakit arteri koroner, dokter Anda kemungkinan mendambakan turunkan tingkat LDL Anda setidaknya 30 hingga 35 % lewat diet, olahraga dan kemungkinan obat-obatan. Cara lain untuk menolong adalah dengan menambah tingkat HDL Anda. Jika Anda mampu mengurangi tingkat LDL Anda menjadi tidak cukup berasal dari 130 dan menambah tingkat HDL Anda menjadi sedikitnya 50, Anda berada di jalan yang benar.

Makanan apa yang mesti saya tambahkan ke makanan saya untuk menghindar penyakit arteri koroner?

Saat coba turunkan kolesterol LDL Anda, Anda mendambakan mengimbuhkan makanan yang rendah kolesterol dan lemak jenuh, gara-gara tubuh Anda mengubah lemak jenuh menjadi kolesterol. Untuk laksanakan ini, tambahkan makanan yang punya kandungan serat larut tinggi. Selain itu, tersedia banyak cara untuk mengimbuhkan makanan sehat ke makanan Anda. Ikuti tip dan pedoman ukuran porsi di bawah ini:
Mulailah hari Anda dengan benar. Miliki beberapa style gandum (seperti roti whole grain atau sereal gandum) dan buah untuk sarapan pagi. Pikirkan biji-bijian dan sayuran sebagai hidangan utama Anda selagi makan siang dan makan malam. Jika Anda menyajikan daging atau unggas sebagai hidangan utama, tambahkan salad atau sayuran ke piring.
Tambahkan kacang ke salad berdaun, salad pasta dan kacang polong stew-chick, kacang merah dan kacang navy udah terbukti mengurangi kandungan kolesterol LDL.
Minum susu bebas lemak atau 1 % susu, bukan susu utuh atau 2 % susu. Carilah yogurt dan keju rendah lemak juga.
Cobalah product kedelai. Kedelai udah berlangsung lama dalam beberapa th. terakhir. Saat ini, Anda mampu menemukan product kedelai di banyak toko kelontong dan toko makanan kesehatan. Cobalah burger kedelai-kedelai, pepperoni kedelai, tahu atau susu kedelai.
Sajikan buah mentah atau dimasak dengan yogurt rendah lemak untuk pencuci mulut.
Makan cuma sedikit minyak. Jika Anda mendambakan manfaatkan minyak untuk memasak, cobalah minyak zaitun atau minyak canola, bukan minyak yang mempunyai lemak tak jenuh ganda, layaknya minyak jagung, minyak kacang dan banyak margarin. Minyak zaitun dan minyak canola tinggi lemak tak jenuh tunggal, yang turunkan LDL dan kandungan kolesterol total.
Makan cuma sedikit permen.
Makan satu hingga dua porsi ikan atau seafood tiap-tiap minggu jika Anda mempunyai penyakit arteri koroner. Orang dengan penyakit arteri koroner tampaknya mendapat fungsi berasal dari makan ikan dan makanan laut.
Masak dengan bawang putih. Beberapa penelitian udah memperlihatkan bahwa bawang putih mengurangi kolesterol LDL dan turunkan tekanan darah.
Makan kacang dalam kuantitas tengah yang kaya dapat lemak tak jenuh tunggal, layaknya hazelnut, kacang almond, kemiri, kacang mete, kenari dan kacang macadamia. Kacang ini udah terbukti memperbaiki kandungan kolesterol. Hindari makan kacang dengan segenggam. Sebagai gantinya, hiasi makanan dengan satu sendok makan kacang cincang per orang.
Apa ulang yang mampu saya laksanakan jika saya terkena penyakit arteri koroner?

Selain mengubah diet Anda, Anda mesti bicara dengan dokter berkenaan program latihan yang pas untuk Anda. Jika Anda merokok, berhenti merokok. Jika Anda kelebihan berat badan, usahakan turunkan berat badan (mengubah diet dan berolahraga dapat menolong turunkan berat badan). Bicarakan dengan dokter Anda berkenaan mengurangi aspek risiko lainnya, layaknya tekanan darah tinggi atau diabetes.

Bagaimana jika mengubah diet saya tidak membantu?

Tubuh Anda dapat butuh selagi untuk merespons pergantian diet Anda. Dokter dapat melihat kemajuan Anda. Jika kandungan kolesterol Anda tidak membaik sehabis dua hingga enam bulan, dokter Anda kemungkinan meresepkan obat untuk turunkan kolesterol Anda. Namun, Anda masih mesti makan makanan sehat untuk menolong kerja obat.

Sumber : https://tokoh.co.id/

Baca Juga :