jeruk 3

Kumpulan Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk

Kandungan Buah Jeruk

Sebelum menjelaskan manfaat buah jeruk, penting untuk memahami kandungan buahnya. Jeruk rata-rata (sekitar 154 gram) mengandung 80 kalori, 0 gram lemak, 250 mg kalium, 19 gram karbohidrat (14 gram gula dan 3 gram serat) dan 1 gram protein.

Jeruk menyediakan 130% kebutuhan harian vitamin C, 2% kebutuhan vitamin A dan 6% kalsium. Selain itu, jeruk juga mengandung tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, asam folat, asam pantotenat, fosfor, magnesium, mangan, selenium, tembaga, kolin, saxanthin, dan karotenoid.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin B yang sangat baik. Ini mengandung tiamin (B1) dan asam folat (asam folat atau B9). Tiamin berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan dan fungsi semua sel di dalam tubuh. Asam folat penting untuk pembentukan sel darah merah, pertumbuhan dan fungsi sel.

Dalam kulit lembab dan jeruk, buah ini mengandung lebih dari 170 bahan bakar dan 60 flavonoid. Keduanya merupakan bahan kimia alami pada tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu melawan peradangan.

Manfaat kesehatan buah jeruk

jeruk 3

Jeruk dapat ditambahkan ke makanan harian yang sehat karena buahnya yang rendah kalori, tinggi air, tinggi serat, dan kaya vitamin. Berikut beberapa efek kesehatan dari buah jeruk:

1. Mengurangi resiko kanker

Senyawa flavonoid dari hesperin dan naringin pada jeruk memiliki efek positif terhadap kanker. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jus jeruk dapat mengurangi risiko leukemia, kanker payudara, kanker hati, dan kanker payudara. Beberapa manfaat ini disebabkan oleh tingginya jumlah vitamin C, sifat antioksidannya, dan sifat antidepresan dan iritannya.

2. Hindari batu ginjal

Manfaat buah jeruk dipercaya dapat mencegah batu ginjal. Jeruk mengandung asam sitrat dan sitrat, yang terbukti dapat menghambat pembentukan batu ginjal. Pasien dengan batu ginjal mungkin diresepkan kalium sitrat sitrat untuk mengendalikan penyakitnya, tetapi asam sitrat jeruk tampaknya memiliki efek yang sama.

3. Mencegah penuaan kulit

Anti-inflamasi dan antioksidan jeruk membantu melawan radikal bebas dengan mencegah penuaan. Radikal bebas menyebabkan banyak penyakit degeneratif dan penuaan kulit. Vitamin C jeruk membantu kulit Anda membuat kolagen halus dan elastis, memberi Anda manfaat jeruk.

4 – membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah jeruk ini membantu orang yang ingin menurunkan berat badan. Jeruk dipercaya membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi stres oksidatif, menurunkan kadar lemak darah dan gula darah, dan menjaga kesehatan hati.

Satu studi menemukan bahwa konsumsi jus jeruk dalam jumlah sedang dikaitkan dengan nutrisi yang baik dan makanan berkualitas tinggi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian dini paling umum di dunia. Flavonoid jeruk, terutama hesperin, dapat membantu mencegah penyakit jantung. Dalam uji klinis pada manusia, jus jeruk mengencerkan darah setiap hari selama 4 minggu dan dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Kandungan serat jeruk juga tampaknya relevan. Serat jeruk telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah.

6. Hindari anemia

Salah satu manfaat jeruk yang jarang ditemukan adalah kemampuannya mencegah anemia. Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin dan berkurangnya kemampuan untuk membawa oksigen. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh kurangnya zat besi.

Jeruk bukanlah sumber zat besi yang baik, tetapi merupakan sumber asam organik yang baik seperti vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Baik vitamin C dan asam sitrat dapat membantu tubuh menyerap dari pencernaan tubuh. Jeruk membantu mencegah anemia saat mengonsumsi makanan kaya zat besi.

7. stroke

Menurut American Heart Association (AHA), adanya senyawa tertentu dalam buah jeruk dapat menurunkan risiko stroke iskemik pada wanita. Pria yang makan buah jeruk dalam jumlah besar memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke iskemik dibandingkan wanita yang makan jeruk paling sedikit.

8- Turunkan tekanan darah Anda

Mempertahankan asupan natrium yang rendah penting untuk menurunkan tekanan darah, tetapi meningkatkan asupan kalium sama pentingnya karena efek vasodilatasi. Penting untuk dipahami bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan 20 persen kematian.

9- Mencegah kerusakan kulit

Manfaat jeruk wajah juga membantu memerangi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi. Selain itu, manfaat buah jeruk nampaknya dapat mengurangi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Banyak sekali manfaatnya karena kandungan vitamin C pada jeruk berperan penting dalam pembentukan kolagen.

10. Memperkuat sistem kekebalan

The American Journal of Clinical Nutrition mengklaim bahwa jus jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat tinggi. Satu porsi jus jeruk menyediakan lebih dari 200% vitamin C yang dibutuhkan tubuh Anda. Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, bertindak sebagai antioksidan terpenting dalam tubuh dan membantu menghilangkan atau menetralkan radikal bebas.

Selain itu, asam askorbat merupakan bagian penting dari kolagen yang dibutuhkan untuk memperbaiki sel dan menumbuhkan jaringan baru di dalam tubuh.

11. Menjaga kesehatan mata

Jus jeruk tidak hanya kaya vitamin C tetapi juga kaya vitamin A. Vitamin A dikaitkan dengan kesehatan mata. Menambahkan vitamin A ke dalam makanan harian Anda akan membantu mencegah rabun senja dan degenerasi makula.

12. Menghambat resistensi insulin

Gula dan lemak berlemak yang tinggi dapat menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh. Jika tidak diobati, peradangan yang dihasilkan meningkatkan resistensi insulin dan merupakan penyebab utama diabetes tipe 2 dan aterosklerosis.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, jus jeruk dapat menghambat resistensi insulin dengan mengurangi peradangan. Manfaat Jeruk Selain mencegah diabetes, juga menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Nah, demikianlah uraian lengkap mengenai kandungan dan manfaat jeruk. Jeruk biasanya merupakan buah yang enak untuk dimakan, tetapi alergi jeruk dapat menyebabkan dermatitis kontak. Oleh karena itu, semua individu yang alergi terhadap buah jeruk harus mengetahui segala hal yang berhubungan dengan buah ini.

Manfaat lainnya

1. Meringankan sembelit
Sumber serat padat dan tidak larut yang sangat baik. serat yang terkandung di dalamnya menghilangkan limbah dan mencegah sindrom iritasi usus besar. Jeruk juga merangsang pencernaan dan meningkatkan pencernaan.

2. Sesuaikan tekanan darah
Jeruk adalah sumber magnesium yang kaya yang mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidine, ditemukan secara alami dalam jeruk, mengatur tekanan darah.

3. Mencegah kanker
Jeruk memiliki antioksidan dan respons imun yang sangat baik. Mengandung limonene kanker. Senyawa ini mendeteksi dan membunuh sel kanker.

4. Lindungi tubuh Anda dari penyakit jantung
Antioksidan jeruk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah kolesterol. Kolesterol teroksidasi mengikat arteri, membatasi aliran darah ke jantung, dan menyebabkan serangan jantung. Antioksidan menetralkan efek radikal bebas ini dan melindungi jantung.

5. Melawan infeksi virus
Jeruk kaya vitamin C untuk menjaga kekebalan, memungkinkan tubuh melawan infeksi dengan lebih baik. Selain itu, polifenol di dalamnya merupakan obat antivirus dan membunuh virus yang masuk ke tubuh sebelum infeksi.

6. Bersihkan darah
Flavonoidnya merangsang aktivitas enzimatik dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C yang dikandungnya meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kulit serta tanda-tanda penuaan. Serat di dalamnya menggerakkan perut dan dengan demikian membuang limbah dan zat yang tidak diinginkan dari tubuh.

7. Tulang yang kuat
Semua makanan kaya kalsium harus dikombinasikan dengan makanan kaya vitamin D untuk memastikan kalsium terserap sepenuhnya dari makanan. Jeruk memastikan penyerapan kalsium yang tepat dan mengandung cukup vitamin D untuk tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu menyerap kalsium.

8- Gigi yang kuat
Jeruk bagus untuk menjaga kesehatan gen. Jeruk memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Jeruk juga membantu mencegah pembentukan plak. Buah ini menutupi gigi Anda dengan lapisan pelindung untuk mencegah korosi. Vitamin C-nya membuat pernapasan panjang dan segar, mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab bau badan.