KPK Dukung Perbaikan Layanan TKI

KPK Dukung Perbaikan Layanan TKI

KPK Dukung Perbaikan Layanan TKI

KPK Dukung Perbaikan Layanan TKI
KPK Dukung Perbaikan Layanan TKI

BANDUNG-KPK memberikan dukungan

perbaikan layanan TKI seperti yang diluncurkan di Jabar.

Hal demikian, diungkapkan Pimpinan KPK, Laode M. Syarief dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate, Jum’at (13/5).

Laode, lebih lanjut mengatakan perbaikan layanan TKI yang sudah diluncurkan oleh Pemprov. Jabar diharapkan dapat menjadi pilot project karena jumlah TKI dari Jabar besar, dimana di tahun 2015 jumlah TKI mencapai 63.000 orang.

Kehadiran pembenahan layanan TKI, diharapkan dapat mengatasi praktek penyuapan, pemerasan dan gratifikasi pada layanan TKI.

Kondisi tersebut, sangat kontras dengan

besarnya kontribusi para TKI yang kerap ddisebut sebagai “Pahlawan Devisa” terhadap perekonomian negara dalam bentuk remitansi yang mencapai Rp.130 triliun.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah harus melindungi para TKI dengan membangun sinergi bersama para pemangku kepentingan lainnya.

Substansi yang ingin dicapai dari layanan ini, hadirnya pelayanan antara lain : layanan dokumen calon TKI dalam satu lokasi, layanan informasi dan edukasi TKI, perlindungan secara online, fasilitas pemberdayaan dan penyaluran kerja TKI purna serta fasilitas pemberdayaan untuk kemandirian keluarga TKI. KPK, dengan hadirnya pembenahan layanan TKI mendorong Pemprov. Jabar untuk menjalankan rekomendasi dan memantau keberlangsungan rencana aksi program.

KPK, ujar Laode di sisi lain berharap agar

masyarakat dapat mengawasi percepatan tata kelola layanan TKI, dalam rangka mewujudkan layanan yang aman, cepat, murah dan jelas untuk perbaikan nasib TKI. (NR)

 

 

Sumber :

https://www.lapor.go.id/profil/1783064