Kebiasaan yang bisa mempercepat penuaan dini

Kebiasaan yang bisa mempercepat penuaan dini – Setiap orang, khususnya wanita pasti menginginkan kulit tahan lama muda dan jauh dari keriput, walaupun usianya telah tua. Berbagai teknik dilakukan guna mempunyai kulit tahan lama muda, seperti memakai produk perawatan kulit anti penuaan yang harganya tidaklah murah.

Tapi, tahukah anda ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari dan lakukan dapat mempercepat penuaan dini. Ini 5 kelaziman yang dapat mempercepat penuaan dini.

1. Kurang tidur.
Kurang istirahat dalam jangka pendek akan menciptakan lingkaran hitam di dekat mata dan kulit menjadi kusam. Sementara tersebut bila dilaksanakan terus menerus maka bisa mempercepat proses penuaan dini. Selama tidur, kulit bisa memberikan guna berupa meremajakan dan membetulkan sel-sel kulit. Batas istirahat secara umum guna orang dewasa ialah 7 hingga 8 jam per hari.

2. Tidak memakai tabir surya.
Matahari ialah penyebab utama kulit rusak. Dalam masa-masa lama dapat mengakibatkan penuaan kulit. Gunakan tabir surya saat anda sedang terbit ruangan (meskipun di dalam mobil atau cuaca mendung, anda tetap dapat terkena sinar matahari). Sinar matahari dapat menyebabkan bintik-bintik kehitaman dan kerutan. Ada sejumlah cara untuk menanggulangi masalah ini, anda dapat memakai tabir surya, topi, atau pakaian lengan panjang.

3. Merokok dan minum alkohol.
Jika anda seorang pengisap rokok dan pecandu alkohol, usahakan anda berhenti mengisap rokok dan minum alkohol mulai dari sekarang bila kamu masih sayang sama kulitmu. Merokok dan minum alkohol bisa mempercepat penuaan dini. Kulit tampak kering, kusam, dan keriput. Hal ini diakibatkan karena cerutu berisi nikotin yang bisa memicu kehancuran kulit pada kolagen kulit.

Jika anda seorang yang tidak merokok, usahakan anda berhati-hati pada seseorang yang sedang merokok. Paparan asap rokok pun dapat menambah kulit keriput dan kekeringan. Sebab asap rokok membawa zat kimia yang paling berbahaya, yakni nikotin.

4. Posisi tidur.
Tidur dengan posisi yang sama masing-masing malam pun dapat mengakibatkan keriput di wajah. Tidur dalam posisi menyamping dalam masa-masa lama dapat mengakibatkan timbulnya garis-garis halus di dekat pipi dan dagu. Posisi istirahat telentang ialah posisi istirahat yang baik untuk menolong mencegah munculnya kerutan. Pada posisi ini, wajah anda melawan gravitasi sampai-sampai kulit wajah tidak tertarik ke bawah.

5. Ekspresi wajah.
Gerakan wajah yang berulang pun dapat mempercepat penuaan kulit. Saat anda menggerakkan otot wajah, lekukan bakal terbentuk di bawah permukaan kulit. Karena kulit anda akan menua seiring dengan umur dan kehilangan elastisitasnya, kulit akan susah untuk pulang ke format normalnya sampai-sampai lekukan ini bakal terbentuk menjadi permanen sebagai garis-garis halus dan kerutan.

Kamu mesti dapat mengontrol emosimu. Ekspresi wajahmu laksana marah, jarang tersenyum, serta cemberut dapat menciptakan otot wajah anda mengendur. Akibatnya timbul garis-garis halus di wajah dan memunculkan keriput. Hal ini perlahan bakal terlihat di unsur wajah (di bawah samping hidung) bakal terlihat paling jelas. Bagi menguranginya, anda harus mengontrol emosimu. Tertawa atau tersenyumlah sesering mungkin.

Baca Juga :