Hari Anak Nasional, PT KAI Ajak Anak-anak Naik Kereta

Hari Anak Nasional, PT KAI Ajak Anak-anak Naik Kereta

Hari Anak Nasional, PT KAI Ajak Anak-anak Naik Kereta

Hari Anak Nasional, PT KAI Ajak Anak-anak Naik Kereta
Hari Anak Nasional, PT KAI Ajak Anak-anak Naik Kereta

Amira Novianti (11) siswi SDN 4 Cicurug baru kali pertama menikmati perjalanan

dari dari Sukabumi menuju Bogor menggunakan kereta. Ia bersama seratus teman sekolahnya boleh menikmati perjalanan kereta dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2019.

Amira berangkat sekitar pukul 7.40 dari Stasiun Cicurug, Sukabumi dan tiba di Stasiun Besar Bogor pukul 8.50. Dalam perjalanan sekitar satu jam itu, ia bersama teman-temannya menikmati pemandangan sambil mengenal fasilitas kereta, tata tertib penumpang, hingga banyak tahu profesi masinis dalam menjalankan kereta.

“Perjalanannya seru, banyak tahu tentang kereta api dan saya ingin menjadi masinis,” tutur Amira.

Murid lain, Estu (11) yang sering bepergian Bogor-Sukabumi menggunakan bus,

bercerita mempunyai sensasi berbeda ketika naik kereta. Kata dia, perjalanan kereta relatif lebih cepat dibanding mengendarai bus.

Hal lainnya, perjalanan kereta lebih nyaman karena berpendingin dan tepat waktu. Sama halnya, Amira, Estu juga mengenal profesi-profesi yang mengoperasikan sebuah kereta seperti masinis, kondektur, petugas restorasi, juga petugas pengatur jalur.

“Menyenangkan, ber-AC, tepat waktu, juga nyaman tidak macet,” paparnya.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta, PT Kereta Api Indonesia (KAI) R

Dadan Rudiansyah menuturkan, kegiatan mengenalkan anak-anak sekolah dalam perkeretapian dalam rangka PT KAI memperingati HAN 2019.

Selain itu, PT KAI juga memberikan edukasi mengenal perkeretapian seperti cara membeli tiket KA, sosialisasi keselamatan, dalam menggunakan kerera api, serta pengenalan profesi, profesi yang ada di PT KAI.

“Kegiatan ini, selain untuk menyemarakkan peringatan HAN, juga sebagai wujud kepedulian kami akan pemenuhan hak dan kebutuhan anak-anak untuk memperoleh pendidikan,” kata Dadan, Selasa (23/7/2019).

Kata dia, selain di Stasiun Bogor, pada hari yang sama peringatan HAN 2019 juga dilaksanakan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Guna menghibur anak-anak, PT KAI menghadirkan karakter superhero yang familiar dengan anak-anak.

PT KAI sebagai jasa penyedia transportasi selama ini, telah berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk anak-anak. Hal itu, terwujud dengan diterapkan aturan tiket nol rupiah bagi penumpang 0-3 tahun.

 

Baca Juga :