Harga Samsung dan LG Dipastikan Bikin Pembeli Kabur

Harga Samsung dan LG Dipastikan Bikin Pembeli Kabur

 

SEOUL

Korea Selatan resmi meluncurkan jaringan tercepat telekomunikasi selular 5G pertama di dunia. Tentunya untuk menikmati jaringan 5G dipastikan tidaklah murah, dipastikan produsen smartphone asal Korsel seperti Samsung dan LG akan pasang banderol yang sangat tinggi untuk HP yang bisa akses 5G

Langkah perubahan pertama Korsel ini akan membuat negara-negara adidaya berlomba untuk memegang kendali untuk inovasi terhadap perubahan yang akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari miliaran manusia.

Sarana komunikasi dengan kecepatan tinggi yang disebut sebagai teknologi nirkabel generasi ke lima pada akhirnya akan mampu mendukung berbagai peralatan dari pemanggang roti hingga telepon, dari mobil listrik hingga jaringan distribusi tenaga listrik.

Sistem ini akan membuat ponsel pintar dengan sistem sambungan yang hampir seketika – 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi 4G yang ada saat ini – yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunduh film kurang dari satu detik.

Kondisinya mirip saat mencoba mengakses situs web pada perangkat bergerak pada teknologi 3G dan teknologi 4G yang baru membuat semua aplikasi dapat berjalan lancar berkisar dari media sosial hingga Uber, teknologi komunikasi 5G akan menawarkan tingkat konektivitas yang baru, yang didukung oleh kecepatan.

Kemampuan ini krusial untuk perkembangan perangkat di masa yang akan datang yang berkisar dari kendaraan swa-kemudi yang mengirimkan data antara satu sama lain dalam waktu nyata hingga robot industri, pesawat nirawak, dan elemen-elemen lain dari Internet of Things.

Tingkat kecepatan yang ditawarkan ini akan bersifat vital bagi infrastruktur di masa datang, dan standar 5G diharapkan dapat menghasilkan pemasukan sebesar USD565 miliar dalam manfaat ekonomi global menjelang tahun 2034, menurut sebuah aliansi industri Global System for Mobile Communication yang berpusat di London

Pada hari yang sama

Samsung Electronics akan merilis Galaxy S10 5G, smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi 5G. Adapun pesaingnya, LG, akan merilis V50 dua pekan kemudian. “Lebih dari tiga juta warga Korsel akan beralih ke 5G pada akhir tahun ini,” ungkap prediksi Wakil Presiden KT Lee Pil-jae.

Hingga sekarang, tak ada jaringan mobile yang telah menawarkan akses 5G secara nasional. Di AS, sejumlah hotspot dipilih di sedikit kota utnuk menawarkan kecepatan 5G tapi hanya wifi. Adapun perusahaan Qatar, Ooredoo menyatakan pihaknya menawarkan layanan 5G di dan sekitar Doha tapi tidak memiliki perangkat yang dapat menggunakannya.

Perusahaan jaringan AS, Verizon, akan meluncurkan layanan 5G untuk para pengguna seluler di Chicago dan Minneapolis pekan depan, dengan lebih dari 30 kota pada tahun ini. Jepang juga diperkirakan mengembangkan 5G secara terbatas pada 2019 sebelum memulai layanan penuh pada Olimpiade Tokyo tahun depan. Para pakar menyatakan biaya diperkirakan menjadi penghalang bagi para pengguna untuk mulai memanfaatkan 5G karena versi termurah untuk model terbaru Samsung Galaxy akan dibanderol USD1.200.

4G di bawah USD300

“Meski ada banyak smartphone murah 4G di bawah USD300, smartphone 5G Samsung di atas USD1.000 yang akan menjadi poin minus utama bagi konsumen yang memperhitungkan harga,” papar perwakilan KT. Menteri Ekonomi Korsel Hong Ham-ki menyebut investasi minimal USD2,6 miliar pada tahun ini saja untuk teknologi 5G. “Saat 5G diterapkan sepenuhnya, ini akan memperbaiki kehidupan rakyat,” kata dia.

 

Sumber : https://www.ram.co.id/