Hakikat Interaksi Manusia dan Lingkungan

Hakikat Interaksi Manusia dan Lingkungan

Hakikat Interaksi Manusia dan Lingkungan

Hakikat Interaksi Manusia dan Lingkungan
Hakikat Interaksi Manusia dan Lingkungan

Manusia hidup dalam lingkungan tertentu

Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup & benda yang tidak hidup. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Misal; saat kita bernapas dari udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, & menjaga kesehatan, semua itu memerlukan lingkungan yang baik, ramah & nyaman.

Lingkungan

adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung. Komponen lingkungan dapat dibedakan menjadi lingkungan abiotik, biotik, sosial, & budaya;
  • Lingkungan abiotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda tidak hidup, seperti batuan, tanah, udara, dll.
  • Lingkungan biotik adalah lingkungan hidup yang terdiri atas makhluk hidup, seperti manusia, tumbuhan, hewan, & jasad renik.
  • Lingkungan sosial adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, & keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk hidup.

Pada awalnya, interaksi manusia & lingkungan

lebih bersifat alami & mencakup komponen-komponen seperti, abiotik, biotik, & sosial budaya. Dengan berkembangnya peradaban, manusia dikelilingi oleh berbagai bentuk artefak atau benda-benda hasil karyanya. Benda-benda itu kemudian menjadi bagian dari lingkungan secara keseluruhan. Bahkan, di lingkungan perkotaan, lingkungannya didominasi oleh komponen-komponen kehidupan perkotaan seperti jalan, jembatan, permukiman, perkantoran, hotel, dll. Lingkungan alam telah diganti atau diubah secara besar-besaran oleh lingkungan buatan atau binaan.
Interaksi manusia & lingkungan hidup berlangsung 2 cara. Pertama , manusia dipengaruhi oleh lingkungan. Kedua, manusia memiliki kemampuan mengubah dan mempengaruhi lingkungan. Karakteristik interaksi itu berbeda antaraa satu daerah & daerah lainnya, satu masyarakat & masyarakat lainnya.

Pada masyarakat yang tradisional

ada kecenderungan lingkungan lebih dominan dalam memengaruhi kehidupan seperti halnya dalam lingkungan masyarakat pedesaan. Sebaliknya, pada daerah yang masyarakatnya memiliki tingkat peradaban yang telah maju, manusia cenderung dominan sehingga lingkungannya telah banyak berubah dari lingkungan alam menjadi binaan hasil karya manusia, seperti halnya dalam lingkungan masyarakat perkotaan. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)
Secara umum lingkungan dapat dibedakan menjadi 2, yakni; lingkungan masyarakat pedesaan & lingkungan masyarakat perkotaan.
Manusia pada saat ini makin banyak mengambil sumber daya alam. Bahkan untuk memenuhi gaya hidup, manusia makin boros dalam menggunakan sumber daya alam. Akibatnya, alam mengalami kerusakan sehingga daya dukungnya terhadap kehidupan, termasuk kehidupan manusia, makin menurun.
Demikianlah ulasan mengenai Hakekat Manusia & Lingkungan, yang pada kesempatan kali ini dapat dibahas dengan singkat. Semoga ulasan di atas bermanfaat & untuk kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih, anda telah mengunjungi site ini.