Disakarida

Table of Contents

Disakarida


Karbohidrat sederhana yang merupakan gabungan antara 2 monosakarida. Pada bahan makanan terdapat 3 jenis disakarida yaitu sukrosa, maltosa dan laktosa.
a. Sukrosa
Sukrosa adalah gula yang kita pergunakan sehari-hari, sehingga sering disebut gula meja atau gula pasir dan disebut juga gula invert.

b. Maltosa
Maltosa mempunyai 2 molekul monosakarida yang terdiri dari 2 molekul glukosa.
c. Laktosa
Laktosa mempunyai mempunyai 2 moleku monosakarida yang terdiri dari 1 molekul glukosa dan 1 molekul galaktosa.

3. Polisakarida
Polisakarida yang memiliki peranan penting adalah glikogen, pati dan selulosa. Polisakarida merupakan senyawa karobohidrat kompleks, berupa polimer dari glukosa, dapat mengandung lebih dari 60.000 molekul monosakarida yang tersusun membentuk rantai lurus ataupun bercabang. Polisakarida rasanya tawar (tidak manis), tidak seperti monosakarida dan disakarida.
a. Pati / amilum
Pati adalah karbohidrat kompleks yang tersimpan dalam organ tanaman dalam bentuk granul yang dijumpai pada umbi dan akarnya. Amilum tidak larut didalam air dingin, tetapi akan mengalami gelastinisasi yaitu larut dalam air panas kemudian membentuk cairan yang sangat pekat seperti pasta. Pati berwujud bubuk putih, tawar dan tidak berbau.

b. Dekstrin

Merupakan zat antara dalam pemecahan amilum. Molekulnya lebih sederhana, lebih mudah larut didalam air, yodium akan berubah menjadi warna merah.
c. Glikogen
Glikogen merupakan “Pati Hewani”, larut didalam air (pati nabati tidak larut didalam air) dan bila bereaksi dengan iodium akan menghasilkan warna merah.
d. Selulosa
Hampir 50% karbohidrat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan adalah selulosa, karena selulosa merupakan bagian yang terpenting dari dinding sel tumbuh-tumbuhan.
e. Gum
Merupakan polisakarida kompleks yang digunakan sebagai emulsifier, penstabil, pengental, dan pembentuk busa.
FUNGSI KARBOHIDRAT
A. Fungsi karbohidrat didalam tubuh
Didalam tubuh karbohidrat merupakan salah satu sumber utama enersi. Dari tiga sumber utama ernersi yaiyu karbohidrat, lemak dan protein; karbohidrat merupakan sumber enersi yang paling murah.

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/