Dari Kelebihan Permintaan Sampai Kelebihan Kapasitas

Dari Kelebihan Permintaan Sampai Kelebihan Kapasitas

Kelebihan permintaan yakni tingkat permintaan yang melampaui kapasitas maksimal yang tersedia, yang mengakibatkan sebagian pelanggan ditolak untuk dilayani sehingga bisnis pun hilang. Sedangkan kelebihan kapasitas adalah tingkat permintaan yang berada di bawah kapasitas optimim (titik dimana segala upaya perusahaan untuk melayani tambahan pelanggan dan berakibat pada persepsi tentang kemerosotan kualitas jasa) dan sumber daya produktif kurang terpakai, yang mengakibatkan produktivitas rendah. Misalnya saja, pelanggan mungkin akan mendapatkan pengalaman yang mengecewakan atau meragukan kelangsungan jasa tersebut.

Ada dua solusi dasar bagi permasalahan  permintaan yang berfluktuasi. Pertama, menyesuaikan tingkat kapasitas untuk memenuhi berbagai jenis permintaan. Pendekatan ini membutuhkan kerjasama antara manajemen operasi dan sumber daya manusia, menuntut pemahaman tentang apa yang menjadi kapasitas produktif dan bagaimana meningkatkan atau menurunkannya secara bertahap. Pendekatan kedua adalah mengelola tingkat permintaan, dengan menggunakan strategi pemasaran untuk meratakan puncaknya dan mengisi lembahnya untuk mengahasilkan aliran permintaan jasa yang lebih konsisten.

2.1.2        Mengukur dan Mengelola Kapasitas

2.1.2.1  Menentukan Kapasitas Produktif

Kapasitas produktif yaitu sejauh mana fasilitas, peralatan, tenaga kerja, infrastruktur, dan aset lainnya tersedia bagi perusahaan tertentu untuk menghasilkan output bagi pelanggannya. Dalam konteks jasa, kapasitas produktif memiliki lima bentuk potensial, yakni:

  1. Fasilitas fisik yang dirancang untuk menampung pelanggan dan digunakan untuk menyerahkan jasa pemrosesan orang atau pemrosesan rangsangan mental. Fasilitas ini meliputi klinik, hotel, pesawat penumpang, bus, restoran, kolam renang, bioskop, gedung konser, dan ruang kuliah di perguruan tinggi. Dalam kasus ini, keterbatasan kapasitas utama kemungkinan ditentukan oleh perlengkapan seperti tempat tidur, kamar, tempat duduk, atau meja. Dalam beberapa kasus mungkin juga menetapkan batas atas jumlah orang yang diperbolehkan demi kepentingan kesehatan dan keselamatan dari kebakaran.
  2. sumber :

The Mystery of Haunted Hollow 2 – Escape Games Apk