Cara Menghapus Dua atau Lebih Tweet di Twitter

Cara Menghapus Dua atau Lebih Tweet di Twitter

Cara Menghapus Dua atau Lebih Tweet di Twitter

Cara Menghapus Dua atau Lebih Tweet di Twitter
Cara Menghapus Dua atau Lebih Tweet di Twitter

Media sosial adalah sarana yang sosialisasi bagi siapapun tanpa batas yang menjangkau lebih banyak koneksi di seluruh dunia. Salah satu platform media sosial yang paling populer adalah Twitter.

Tak hanya untuk aktivitas sosial dan bertukar informasi, kini media sosial seringkali dijadikan sebagai tempat untuk menuangkan isi pikiran seseorang, mulai dari curahan hati hingga kritikan pedas.

Mungkin Anda atau orang-orang di sekitar Anda pernah melakukan hal tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa jejak digital di media sosial semakin berpengaruh dalam kehidupan nyata seseorang?

Sebagai contoh di Twitter, kehidupan seseorang saat ini bisa saja terpengaruh oleh cuitan negatif yang ia pernah unggah bertahun-tahun lamanya.

Sutradara James Gunn, misalnya, dipecat saat masih dalam pengerjaan film Guardian of the Galaxy 3 lantaran tweet masa lalunya di Twitter kembali diungkap.

Dalam cuitan tersebut dikatakan mengandung lelucon tentang pedofil dan pemerkosaan yang sengaja disebar sebagai bukti teori konspirasi yang menuduh sejumlah tokoh, film dan politik di Amerika Serikat, dalam kasus pedofilia.

Mike Cernovich yang pertama kali mengungkap cuitan Gunn juga pernah menemukan cuitan kontroversi yang diunggah oleh pembawa acara Daily Show, Trevor Noah, sebagaimana ditulis Washington Post.

Padahal, kedua tokoh tersebut kini telah menjalani kehidupan baru, tetapi jejak digital masih

mengikuti kehidupan mereka hingga saat ini.

Maka dari itu, bagi pengguna lama Twitter dengan ribuan cuitan, disarankan untuk menghapus atau mengurangi cuitan-cuitan yang dirasa kurang pantas.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Mute Twitter untuk Kata, Frasa, dan Tagar

Dilansir dari laman Twitter, platform ini tidak menyediakan fitur untuk menghapus cuitan dalam jumlah banyak sekaligus melainkan dengan menghapusnya secara manual satu persatu.

Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Tweet Delete untuk menghapus cuitan dalam jumlah banyak sekaligus. Tidak hanya bisa menghapus cuitan yang sudah dbuat, tapi juga bisa untuk menghapus cuitan yang pernah Anda ‘like’.

Berikut adalah langkah untuk menghapus sejumlah cuitan di akun Twitter:

Buka laman tweetdelete.net, lalu sambungkan akun Twitter Anda ke situs tersebut.
Jika sudah, pilih Tweet di kolom paling atas.
Setelah itu, pilih akun Twitter kalian.
Pilih rentang waktu cuitan yang akan dihapus, tersedia mulai dari rentang tiga bulan hingga satu tahun.
Tweet Delete juga memungkinkan Anda untuk menghapus cuitan hanya dengan memasukkan kata kunci yang ada dalam cuitan di akun Twitter milik Anda.
Langkah selanjutnya adalah centang tanda persetujuan.
Klik ‘Delete my tweets’, cuitan yang sudah kalian pilih akan secara otomatis terhapus.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan Tweet Eraser yang memiliki fitur tidak jauh

berbeda dengan Tweet Delete.

Perlu diingat, meski cuitan di akun Anda sudah dihapus, tapi tidak menutup kemungkinan cuitan-cuitan tersebut masih ada jika sudah terlanjur disalin oleh orang lain.

Sumber:

https://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=402354