CARA EFEKTIF UNTUK MENGENALKAN MAKANAN BARU BAGI ANAK

CARA EFEKTIF UNTUK MENGENALKAN MAKANAN BARU BAGI ANAK

Bukan hal gampang bila Anda hendak mengenalkan makanan baru untuk anak. Apalagi bila si kecil telah terbiasa memilih-milih makanan yang bakal dikonsumsi. Padahal anak memerlukan asupan dari sekian banyak macam sumber gizi guna memenuhi keperluan nutrisi hariannya. Untuk mengatasi masalah makanan baru tersebut, cara-cara efektif berikut dapat Anda terapkan.

1. Menanam Bahan Makanan Sendiri
Salah satu teknik terbaik untuk menciptakan anak-anak tertarik mengupayakan jenis buah serta sayuran yang baru ialah memanen dari hasil kebun sendiri. Mulailah merencakan kebun baru bareng si kecil. Sediakan lokasi yang sesuai sampai-sampai bibit tumbuhan dapat berkembang dengan baik.

Pilih bibit yang cocok dengan situasi tempat bermukim dan usahakan sayur dan buah-buahan yang kita pilih dapat tumbuh dalam jangka masa-masa maksimal enam bulan. Mintalah anak-anak menyirami buah-buahan serta sayur secara berkala. Ajarkan mereka bertanggung jawab dan disiplin terhadap tugas yang telah diberikan. Bila musim panen tiba, dipastikan mereka tak bakal sabar menyantap olahan makanan dari hasil jerih payah mereka sendiri.

2. Mainkan Motif dan Warna
Permaianan motif warna selalu unik minat anak kecil. Tak melulu saat menciptakan kerajinan tangan atau menggambar, konsep ini juga dapat Anda lakukan saat memperkenalkan makanan baru untuk anak. Saat pergi ke pasar, usahakan melakukan pembelian buah dan sayur yang mempunyai warna beragam.

Anda juga dapat mengajak si kecil bareng dan biarkan mereka memilih buah yang hendak dicicipi. Nantinya ketika menyajikan makanan, baik santap besar atau sebatas camilan, format pola-pola yang kreatif. Misalnya, pelanggi dari buah-buahan atau sandwich berbentuk mobil truk. Anak pasti akan penasaran dan tak ragu menyantap makanan tersebut.

3. Campur dengan Makanan Favoritnya
Alternatif selanjutnya yang dapat diusahakan dalam memperkenalkan makanan baru untuk anak ialah mencampurkan komponen baru tersebut dengan makanan favoritnya. Bila sekitar ini anak suka mencampurkan es krim dengan pasta cokelat, Anda dapat menggantinya dengan potongan buah segar. Memberikan makanan kesenangan dengan variasi yang baru bakal sangat menolong si kecil dalam menerima jenis makanan baru.

4. Memberikan Contoh
Bila Anda hendak sukses memperkenalkan makanan baru untuk anak, maka berilah misal yang nyata. Konsumsi makanan baru yang berkeinginan Anda perkenalkan itu di hadapan anak. Tunjukkan bahwa kita memang menikmatinya. Hal itu secara tidak langsung bakal mendorong anak untuk menyantap makanan tersebut. Bila ia tampak mulai tergiur, itu ialah saat yang tepat guna menawarkan jenis makanan atau buah-buahan yang baru.

5. Ubah Komposisi Resep
Jangan remehkan indra perasa si kecil. Karena telah diperkenalkan dengan sekian banyak macam rasa, pasti saja ia pun menginginkan makanan dengan cita rasa yang enak. Bisa saja jenis makanan baru yang kita berikan padanya diubah dengan tidak tepat. Karena itu, ubah komposisi resep dan berikan bumbu yang sesuai. Komposisi bahan dalam makanan pun mempengaruhi rasa yang dihasilkan.

6. Jangan Memaksa
Tentu saja ketika kesatu kali Anda memperkenalkan makanan baru untuk anak, tentu ada respons penolakan. Namun, tidak boleh langsung marah dan mengkritik anak secara berlebihan. Hal tersebut malah membuatnya diliputi trauma dan rasa takut. Berikanlah makanan dalam porsi kecil sampai-sampai anak bisa mencobanya secara bertahap.

Demikianlah cara-cara yang bisa Anda jalankan untuk memperkenalkan makanan baru untuk anak. Harus dikenang bahwa situasi setiap anak berbeda-beda sehingga keterampilan menerima makanan baru juga bisa bertolak belakang waktunya. Karena itu, kenalilah jati diri masing-masing anak dan tidak boleh pernah berhenti mencoba. Sumber: pelajaran.co.id