Cara Cek Mobil Irit atau Boros Bahan Bakar

Penunjuk konsumsi bahan bakar yang ada pada kendaraan seringkali menjadi patokan untuk memahami apakah kendaraan yang dipakai boros atau irit.

Namun, sejumlah pemilik kendaraan tak sepenuhnya percaya dan hendak mencobanya dengan teknik manual. Tidaklah sulit, inilah panduan memahami konsumsi BBM pada mobil.

Terdapat sejumlah cara, di antara yang tidak sedikit digunakan merupakan metode full to full. Bagi lebih jelas bagaimana pengujiannya, simak keterangan seperti dikutip Hyundai Indonesia.

Pemilik mobil lumayan mengisi tangki bahan bakar sampai sarat atau full tank. Setelah tersebut catat angka kilometer yang tercantum pada odometer atau penunjuk jarak tempuh dan berikan emblem A.

Langkah selanjutnya pakai kendaraan guna beraktifitas laksana biasa. Kemudian isi pulang bahan bakar mobil kita sampai sarat atau full dan catat pulang berapa liter bahan bakar yang dipenuhi ke dalam tangki mobil dan berikan emblem F.

Catat pula kilometer di odometer mobil atau penunjuk jarak tempuh setelah mengerjakan pengisian bahan bakar dan berikan emblem B.

Jika masih bingung maka, berikut formula untuk menghitung jumlah komsumsi bahan bakar:

Rumus Menghitung Konsumsi Bahan Bakar
A = 2.000KM (Kilometer Awal)

B = 2.300KM (Kilometer Akhir)

F = 30 Liter

Rumusnya :

(B – A) / F = Hasil KM/Liter

(2300 – 2000) / 30 = 10 KM/Liter

Dari enumerasi di atas Anda dapat mengetahui komsumsi bahan bakar mobil guna jarak tempuh 300km ialah 30 liter.

Pemilik kendaraan dapat mengambil data, rata-rata pemakaian bahan bakar guna kendaraan misal saat dipakai sehari hari ialah 1 liter menempuh jarak 10 km atau tidak jarang disebut sebagai rasio 1 : 10.

Tak melulu itu, pemilik pun harus memperhatikan hal di balik kemudi dan situasi kesehatan kendaraan yang digunakan. Sumber : https://s.id/hc5Ak