ASAS WAWASAN NUSANTARA

ASAS WAWASAN NUSANTARA

ASAS WAWASAN NUSANTARA

ASAS WAWASAN NUSANTARA

1. KEPENTINGAN YANG SAMA

Wawasan nusantara membentuk masyarakat Indonesia memiliki satu visi dan satu orientasi. Pada zaman penjajahan, kepentingan seluruh masyarakat Indonesia adalah berjuang untuk mengalahkan penjajah. Saat ini, visi masyarakat juga harus disepakati bersama untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

2. KEADILAN

Distribusi pembagian hasil dari kerja keras masyarakat harus dibagikan seadil-adilnya untuk masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

3. KEJUJURAN

Kejujuran merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penguasa (pemerintah) harus bertindak sesuai dengan fakta dan ketentuan yang berlaku dan tidak boleh menipu masyarakat. Rakyat kaya tidak boleh menipu rakyat miskin. Begitupun sebaliknya.

4. SOLIDARITAS

Solidaritas berarti masyarakat memiliki simpati dan empati untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Solidaritas wajib ada untuk meningkatkan rasa kerja sama, rela berkorban dan keikhlasan yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

5. KERJASAMA

Masyarakat diharapkan dapat bekerja bersama-sama dengan suatu strategi yang telah disepakati bersama untuk mencapai tujuan nasional. Adanya koordinasi dan kompromi antar masyarakat akan membangun keefektifan produktivitas dalam melakukan segala sesuatu. Adanya kerjasama ini akan meringankan suatu pekerjaan.

6. KESETIAAN

Asas kesetiaan merupakan loyalitas terhadap kesepakat nasional yang dibuat sejak berdirinya bangsa Indonesia. Asas kesetiaan harus mencakup seluruh aspek kehidupan. Sifat ini digunakan sebagai ujung tombak dalam mencapai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Apabila kesetiaan tidak dilakukan maka mustahil akan tercipta suatu kesatuan dan persatuan dalam bangsa.


Sumber: https://hon.co.id/driveline-apk/