Apple mengatakan akan menjual Mac yang ditenagai oleh chip berbasis ARM in-house pada awal 2021

Apple mengatakan akan menjual Mac yang ditenagai oleh chip berbasis ARM in-house pada awal 2021

Apple mengatakan akan menjual Mac yang ditenagai oleh chip berbasis ARM di rumah pada awal 2021

 

Apple mengatakan akan menjual Mac yang ditenagai oleh chip berbasis ARM in-house pada awal 2021
Apple mengatakan akan menjual Mac yang ditenagai oleh chip berbasis ARM in-house pada awal 2021

Apel transisi chip ARM Mac yang lama dapat dirumorkan akan terjadi pada awal tahun depan,

menurut laporan baru dari Bloomberg . Laporan itu mengatakan bahwa Apple saat ini sedang mengerjakan tiga prosesor Mac berdasarkan desain sistem A14 on-a-chip yang akan memberi daya pada iPhone generasi berikutnya. Versi Mac yang pertama akan sangat melebihi kecepatan prosesor iPhone dan iPad, menurut sumber-sumber laporan.

Sudah, lini seri Apple chip berbasis ARM untuk iPhone dan iPad telah terus membaik, ke titik di mana kinerja mereka dalam tes benchmark secara teratur melebihi dari Intelprosesor yang digunakan saat ini di jajaran Mac Apple. Akibatnya, dan karena pengembangan chip Intel telah mengalami beberapa kemunduran dan perlambatan dalam beberapa generasi terakhir, rumor bahwa Apple akan beralih menggunakan desain berbasis ARM sendiri telah berlipat ganda selama beberapa tahun terakhir.

Bloomberg mengatakan bahwa “setidaknya satu Mac” yang ditenagai oleh chip Apple sendiri

sedang dipersiapkan untuk dirilis pada tahun 2021, yang akan dibangun oleh perakit chip dan mitra Apple lama Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC). Chip pertama yang memberi daya pada Mac akan memiliki setidaknya 12 core, termasuk delapan yang dirancang untuk aplikasi berkinerja tinggi, dan empat yang dirancang untuk aktivitas intensitas rendah dengan karakteristik efisiensi energi yang menjaga baterai. Desain Intel saat ini yang digunakan Apple dalam perangkat seperti MacBook Air memiliki empat atau bahkan dua core, sebagai perbandingan.

Awalnya, laporan itu mengklaim Apple akan fokus menggunakan chip untuk memberi daya pada desain Mac baru, meninggalkan prosesor Intel pada Mac pro level yang lebih tinggi, karena desain berbasis ARM, sementara lebih banyak performan pada beberapa skor, belum dapat menyamai kinerja top-end teknologi chip berbasis Intel. Chip ARM umumnya memberikan lebih banyak efisiensi daya dengan mengorbankan daya komputasi mentah, itulah sebabnya mereka sangat sering digunakan dalam perangkat seluler.

Mac berbasis ARM pertama masih akan menjalankan macOS, menurut sumber Bloomberg, dan

Apple akan berusaha membuatnya kompatibel dengan perangkat lunak yang bekerja pada Mac berbasis Intel saat ini juga. Itu akan menjadi upaya yang mirip dengan ketika Apple beralih dari menggunakan prosesor berbasis PowerPC ke chip Intel untuk jajaran Mac pada tahun 2006, sehingga perusahaan memiliki beberapa pengalaman dalam hal ini. Selama transisi itu, Apple pada awalnya mengumumkan bahwa saklar akan berlangsung antara 2006 dan 2007, tetapi mempercepat rencananya sehingga semua pengiriman Mac baru pada akhir 2006 ditenagai oleh prosesor Intel.

Sumber:

https://andyouandi.net/seva-mobil-bekas/